Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 92,81 persen.

"Jalan Tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 10,14 Km saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 92,81 persen," seperti dikutip dari akun resmi Instagram BPJT @bpjt_info di Jakarta, Selasa.

Untuk Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 Km saat ini progres konstruksinya sudah selesai 100 persen.

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 Km saat ini progres konstruksinya 75,89 persen.

Baca juga: Capai 84,91 persen, PUPR targetkan Tol Serpong-Cinere rampung 2021

Jalan Tol ini nantinya tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran yang sudah beroperasi serta Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Diharapkan jalan tol ini bisa segera dioperasikan dan mempermudah aksesibilitas masyarakat mulai dari wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, hingga Pondok Cabe/Cinere.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan progres konstruksi jalan tol Serpong-Cinere telah mencapai 84,91 persen dan ditargetkan rampung tahun 2021.

Baca juga: Jasa Marga incar 60 persen saham tol Cinere-Serpong

Dibangunnya Tol Serpong - Cinere sebagai upaya untuk mendukung kelancaran arus konektivitas lalu lintas pada kawasan metropolitan Jabodetabek.

Nantinya setelah jalan tol ini beroperasi dapat mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat dilintasi banyak kendaraan di setiap harinya sehingga sering menyebabkan penumpukan kendaraan.

Selain itu, kehadran Jalan Tol ini diharapkan dapat mendukung jalur logistik, barang dan jasa terutama dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat Pandemi COVID-19.

Kehadiran Jalan Tol JORR II nantinya juga menjadi konektivitas pendistribusian logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Ibu Kota Jakarta seperti Banten.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021