PSSI: turnamen pramusim bernama Piala Menpora 2021

id turnamen pramusim,liga 1 indonesia,liga 2 indonesia,menpora,pssi,lib,Liga indonesia

PSSI: turnamen pramusim bernama Piala Menpora 2021

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) berjabat tangan dengan Menpora Zainudin Amali (kanan) saat menggelar rapat koordinasi membahas nasib kompetisi Liga Indonesia di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021). ANTARA/HO-Kemenpora.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan turnamen pramusim sepak bola nasional yang menjadi persiapan menuju kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021, bernama Piala Menpora 2021.

Menurut Iriawan, dalam pertemuan virtual bersama Menpora Zainudin Amali, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, dengan perwakilan klub serta suporter di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis, nama tersebut diambil berdasarkan rapat pihaknya dengan PT LIB.

"Kenapa kami sebut Piala Menpora 2021? Pertama, karena dalam kompetisi ini, Kemenpora dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama penerapan protokol kesehatan," ujar pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Baca juga: Menpora gelar pertemuan dengan PSSI, LIB, klub hingga suporter
Baca juga: LIB: PSM berpotensi tidak dapat tampil di Liga 1 2021


Kemudian, dia melanjutkan, dengan adanya Menpora dalam tajuk utama turnamen, PSSI dan LIB berharap kerja sama dengan pemerintah terkait pelaksanaan kompetisi sepak bola profesional pada masa pandemi COVID-19 semakin erat.

Terakhir, penamaan itu didasarkan pada upaya besar Menpora Zainudin Amali yang ikut membantu PSSI serta LIB dalam mendapatkan izin dari Polri.

"Pak Menpora sampai memberikan garansi personal agar izin dapat keluar. Terima kasih, Pak Menpora," kata Iwan.

Turnamen pramusim sendiri dijadwalkan berlangsung pada 20 Maret sampai 25 April. Namun, sampai berita ini selesai ditulis, Polri belum mengeluarkan izin untuk kompetisi ini.

Nantinya, ada 20 tim yang menjadi peserta yaitu 18 klub Liga 1 dan dua tim dari Liga 2.

Baca juga: Yevhen Bokhashvili tak lagi pemain PSS Sleman
Baca juga: Madura United kontrak pemain lokal untuk Liga 1 2021


Kompetisi akan melalui babak penyisihan grup. Penyelenggara menetapkan ada empat grup, di mana satu grup diisi lima tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Namun, disiapkan pula alternatif yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang.

Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada rekomendasi Polri yang menilai dari jumlah penderita COVID-19.

Dari fase grup, tim terbaik melangkah ke delapan besar, lalu semifinal dan final. Ada pula slot untuk perebutan tempat ketiga.

Ketua Umum PSSI menambahkan, turnamen pramusim menjadi pintu masuk menuju Liga 1 dan 2 musim 2021. Andai turnamen Piala Menpora dapat berjalan lancar sesuai rencana, maka Polri akan memberikan izin untuk Liga 1 dan 2.

"Apabila turnamen berjalan dengan baik, maka Liga 1 dan 2 dapat diizinkan," tutur Iriawan.

Oleh sebab itu, PSSI mengingatkan agar semua pihak termasuk suporter mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang sudah ditetapkan.

Suporter diminta untuk tidak datang ke stadion dan tidak menggelar nonton bareng (nobar) demi menghindari kerumunan.

Baca juga: Shin Tae-yong: Liga 1 dan 2 mesti bergulir demi timnas
Baca juga: Menpora minta masyarakat bersabar soal nasib sepak bola
Baca juga: Timnas TC SEA Games 2021 lengkap untuk pertama kalinya

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar