Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotim dijadwalkan pekan depan

id pelantikan bupati kotim,dprd kotim

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotim dijadwalkan pekan depan

Suasana rapat paripurna DPRD terkait penyampaian usulan peresmian pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur masa jabatan 2021-2024 di gedung DPRD setempat, Kamis (18/2/2021) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terpilih dijadwalkan pada pekan depan, yakni tanggal 24 atau 25 Februari 2021.

"Sesuai dengan penjadwalan yang ada, pelantikan pada minggu ke-4 bulan Februari 2021. Kami memperkirakan sekitar tanggal 24 atau 25 Februari, apabila memang tidak ada perubahan jadwal," kata Pelaksana Harian Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Akhmad Husain di Sampit, Jumat.

DPRD dan Pemkab Kotawaringin Timur telah menggelar rapat paripurna penyampaian usulan peresmian pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur masa jabatan 2021-2024 di gedung DPRD setempat, Kamis (18/2) malam.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie didampingi Wakil Ketua DPRD Rudianur. Rapat berlangsung singkat hanya diisi pembacaan surat usulan peresmian pengangkatan tersebut.

Baca juga: Mantan Ketua MK dan ahli hukum Jokowi dampingi Cabup Kotim

Sekretaris DPRD Kotawaringin Timur Bima Ekawardhana menyebutkan isi surat yaitu usulan peresmian pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih masa jabatan 2021-2024.

Ia menjelaskan, usulan itu berdasarkan berita acara rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur tahun 2020.

DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mengusulkan peresmian pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih masa jabatan 2021-2024 Halikinnor dan Irawati sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Ini diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Kalimantan Tengah untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan," kata Bima membacakan surat usulan tersebut.

Baca juga: DPRD Kotawaringin Timur desak cabut izin perusahaan sawit

Sementara itu, Husain menjelaskan rapat paripurna pengusulan pengesahan pengangkatan ini merupakan salah satu prosedur yang harus dilalui. Dia berharap semua berjalan lancar sesuai harapan.

"Dengan pengusulan ini, salah satu syarat untuk pengangkatan bupati dan wakil bupati sudah bisa dipenuhi dan segera kami kirim kepada pemerintah provinsi untuk diproses lebih lanjut dengan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri untuk proses pengesahan untuk dimintakan tanda tangan," kata Husain yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur.

Rapat paripurna DPRD ini menindaklanjuti penetapan pasangan calon terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melalui rapat pleno pada Kamis siang. KPU menetapkan pasangan Halikinnor dan Irawati sebagai pasangan calon terpilih.

Baca juga: DPRD Kotim janji tingkatkan anggaran penanggulangan karhutla

Mengacu pada surat Nomor 131/966 OTDA yang ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik pada 15 Februari 2021, pengusulan pelantikan pasangan calon terpilih diminta dipercepat. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan secara bersama-sama pada pekan ke-4 Februari 2021 ini.

Pewarta : Kasriadi/Norjani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar