Jakarta (ANTARA) - Politisi senior Partai Golkar Azis Samual menilai Airlangga Hartarto berkinerja baik sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dalam menjaga perekonomian nasional di tengah pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung satu tahun di Indonesia.

Pandemi COVID-19 setahun ini telah merenggut ribuan nyawa, menulari jutaan masyarakat Indonesia, juga mengakibatkan sendi-sendi perkenonomian Indonesia goyah dan nyaris runtuh.

"Padahal kita semua tahu bahwa sebelum pandemi, ekonomi kita sedang bertumbuh. Akibat COVID-19, jutaan rakyat kehilangan pekerjaan, ribuan pengusaha menderita kerugian dan banyak di antara mereka yang terpaksa gulung tikar," kata Azis, dalam pernyataannya, di Jakarta, Minggu.

Dalam skala negara, pemerintah mengalami defisit anggaran yang cukup tinggi karena penerimaan dari sektor pajak jauh menurun, namun, Azis melihat dan tetap merasakan optimisme yang tinggi.

Meskipun COVID-19 telah membuat khawatir, kata dia, upaya Pemerintah Indonesia di bawah Presiden Jokowi cukup memberikan keyakinan bahwa Indonesia bisa bangkit Kembali.

"Satu hal yang membuat saya yakin, di antara para pembantu Presiden yang ada, saya melihat Airlangga Hartarto lah yang menurut saya paling berhasil menterjemahkan arahan Presiden menjadi kebijakan yang rasional, yang mampu menstimulasi Ekonomi Indonesia sehingga tidak terlalu terjerembab jatuh, dan terhindar dari krisis ekonomi yang parah," ujarnya.

Aziz menilai Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar cerdas dalam memberikan sinyal positif kepada menteri-menteri ekonomi dan berhasil menjadi dirigen dalam mengharmonisasi kebijakan fiskal dan moneter.

"Komunikasi yang efektif dengan Bank Sentral dan Kementerian Keuangan sedemikian rupa berhasil mensinergikan keduanya untuk memberikan solusi bagi rakyat yang terdampak ekonominya akibat COVID-19," ujarnya.

Pada aspek lain, Azis juga memperhatikan komunikasi politik yang dilakukan Airlangga dengan parlemen, lembaga, kementerian, TNI/Polri, dengan ormas dan juga dengan partai politik lainnya, menunjukkan kredibilitas, kearifan dan sikap kenegarawanan yang semakin kuat.

Azis yang sebelumnya pernah menjabat Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Wilayah Timur Indonesia Partai Golkar itu merasa bangga terhadap pencapaian dan kinerja ketua umumnya, yang telah teruji justru di saat situasi negara sedang mengalami kesulitan.

"Pandemi ini musibah yang sangat besar, besar karena ini berskala dunia, dan Airlangga adalah salah satu pemimpin yang menuntun dan mengarahkan Indonesia untuk keluar dari krisis di segala bidang," katanya.

Azis menduga mungkin semula publik sedikit ragu terhadap kemampuan Airlangga karena mungkin belum banyak yang mengenal sosoknya, tetapi kini publik sudah melihat kinerjanya, sudah mengenal dan memahami pemikirannya, nilai-nilai, visi dari seorang Airlangga Hartarto.

"Saya kira untuk saat ini memang beliaulah kader terbaik Partai Golkar, dia terbaik di antara banyak kader Golkar yang juga memiliki potensi besar. Di bawah kepemimpinan beliau, saya semakin bersemangat dan bekerja keras di Golkar dan semakin yakin di 2024 Partai Golkar sangat solid dan Insya Allah, dukungan masyarakat akan lebih meningkat dibanding tahun 2019," pungkasnya.

Baca juga: Airlangga harap Kosgoro 1957 dukung program pemerintah
Baca juga: Airlangga ingatkan kader Golkar untuk terus mengasah diri

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021