Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Kepala Balai Perhubungan Darat Wilayah Kalimantan Barat Kementerian Perhubungan, Syamsuddin, mengatakan, rambu-rambu sungai perlu dibuat di Taman Nasional Danau Sentarum, agar memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata tersebut.
 
"Saya pernah ke Danau Sentarum. Informasi yang saya terima pengunjung atau pun masyarakat ada yang tersesat karena tidak ada tanda atau rambu-rambu di kawasan Danau Sentarum. Nanti kami akan kerja sama dengan Dinas Perhubungan agar mewujudkan usulan itu," kata Syamsuddin, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.

Baca juga: Festival Danau Sentarum dipadati ribuan pengunjung saat penutupan
 
Ia menyatakan, untuk merealisasikan pemasangan perambuan atau rambu-rambu lalu lintas air di Danau Sentarum diperlukan usulan dari pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pemasangan rambu-rambu sungai di Danau Sentarum untuk membantu pengembangan pariwisata di kawasan danau air tawar seluas 132 Hektare itu.

Baca juga: Festival Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalbar dimulai
 
Hal lain yang juga menunjang pariwisata pada masa mendatang adalah pembangunan dermaga dan fasilitas jalan lain di Danau Sentarum.
 
"Yang tahu kebutuhannya itu pemerintah daerah, silahkan diusulkan akan kami anggarkan pada tahun anggaran berikutnya. Kita bekerja sama agar APBN bisa mengalir ke daerah," kata dia.

Baca juga: Tiga suku Kapuas Hulu akan gelar ritual saat Festival Danau Sentarum

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021