Salah satu bungkusan kargo tersebut berisi narkotika
Medan (ANTARA) - Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) menggagalkan pengiriman paket makanan pisang salai berisi narkotika jenis sabu-sabu seberat 831 gram di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial, di Medan, Selasa, mengatakan dalam pengungkapan kasus narkotika itu, petugas menangkap tersangka Khairul (53).

Makanan pisang salai itu dibawa dari Medan tujuan Pasuruan, Jawa Timur lewat jasa pengirim TIKI.

Ia menyebutkan, pengungkapan narkotika itu, berkat informasi dari petugas kargo Regulated Agent PT Apollo Bandara Kualanamu kepada BNN Sumut mengenai adanya barang yang berisi narkotika.

Kemudian BNN mendatangi kargo Bandara Kualanamu untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Setelah kami cek ternyata benar, salah satu bungkusan kargo tersebut berisi narkotika jenis methamphetamine (sabu-sabu) dengan berat 831 gram," ujarnya pula.

Atrial mengatakan, BNN melakukan penyelidikan lebih lanjut dan koordinasi dengan TIKI, dan ternyata barang itu (pisang salai) sudah beberapa kali dikirim.

BNN lalu melakukan control delivery, dan barang tetap dikirim serta petugas mendampingi sampai ke Pasuruan. Pihaknya berkoordinasi dengan BNN Provinsi Jawa Timur, dan menunggu orang yang mengambil barang kuliner berisi narkoba tersebut.

Ternyata orang yang mengambilnya seorang pria, Khairul, dan langsung disergap. Usai ditangkap, tersangka dan barang bukti diboyong ke Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Hasil pemeriksaan sudah tiga kali dilakukan. Tersangka mengirimkan dari Medan, dia juga yang menerima di Pasuruan. Narkoba tersebut akan diedarkan di Bali dan Lombok," kata Brigjen Atrial pula.
Baca juga: Polda Sumut jerat bandar narkoba Man Batak dengan UU TPPU
Baca juga: Polisi ringkus dua tersangka kaki tangan sindikat narkoba 'Man Batak'

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021