Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen ATP di Rotterdam yang akan digelar pekan depan karena harus fokus melakukan pemulihan dari masalah punggung yang menimpanya saat di Australia.

Akibat masalah tersebut, petenis peringkat kedua dunia itu juga sempat mundur dari ATP Cup di Adelaide yang dilaksanakan menjelang Australian Open.

“Dengan penuh rasa kecewa, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen Rotterdam,” kata Nadal dalam pernyataan yang dikutip AFP, Kamis.

Baca juga: Nadal mundur dari ATP Cup karena masalah punggung saat lawan Australia
Baca juga: Nadal alami sakit punggung jelang Australian Open

“Seperti diketahui orang-orang, saya punya beberapa masalah di bagian punggung yang sudah dimulai sejak saya berada di Adelaide dan berlanjut terus sampai ketika saya di Melbourne,” ujar Nadal.

“Kami menemukan solusi sementara yang bisa membuat saya bisa bermain tanpa rasa sakit di minggu kedua turnamen. Tapi begitu saya kembali ke Spanyol, dokter dan tim saya menyarankan agar saya tidak bertanding minggu depan,” ungkap Nadal.

Pemegang 20 gelar juara Grand Slam itu sebetulnya dijadwalkan tampil di Rotterdam untuk pertama kalinya sejak 2009 silam.

Akan tetapi, ketidakhadirannya itu membuat runner-up Australian Open Daniil Medvedev keluar sebagai pemain unggulan, begitu juga dengan Stefanos Tsitsipas, Alexander Zverev dan Andrey Rublev.

“Saya berharap bisa segera kembali bermain di Rotterdam dan juga di Belanda, secepatnya,” pungkas Nadal.

Baca juga: Upaya Nadal mengejar gelar Grand Slam ke-21 dipatahkan Tsitsipas
Baca juga: Tundukan Medvedev, Djokovic sabet gelar Australian Open kesembilan

Baca juga: Simona Halep mundur dari Qatar Open

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021