Surabaya (ANTARA) - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan putranya, Hanindhito Himawan Pramana, yang terpilih pada Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

"Siap, selamat datang pak Menseskab," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono sembari memberi hormat saat menyambutnya di depan gerbang Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat.

Pramono Anung yang datang didampingi istrinya, Endang Nugrahani, mengenakan pakaian setelan jas dan berdasi berjalan melintasi karpet merah hingga menuju ruang utama Gedung Grahadi.

Baca juga: Pilkada Kediri, anak Pramono Anung targetkan raih 85 persen suara
Baca juga: Putra Pramono Anung ingin sektor pariwisata Kediri tumbuh
Baca juga: KPU Kabupaten Kediri pastikan satu pasangan calon daftar pilkada


Sebelum proses pelantikan, Pramono Anung dan istri bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berkesempatan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Prosesi yang sama juga dilakukan sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada dua sesi sebelumnya yang sama-sama diiringi shalawat Nabi Muhammad SAW.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa pada Pilkada 2020 merupakan pasangan calon tunggal di Kabupaten Kediri yang mendapatkan 590.644 suara, sedangkan kolom kosong mendapatkan 181.155 suara.

Jumlah suara sah mencapai 771.799 suara, suara tidak sah 32.058 suara, sehingga total jumlah suara sah dan tidak sah 803.857 suara dengan jumlah daftar pemilih tetap mencapai 1.231.512 suara.

Sementara itu, proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kediri dilakukan serentak bersama empat kepala daerah lainnya, yaitu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Bupati dan Wakil Bupati Gresik, dan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan merupakan prosesi ketiga atau terakhir pada hari ini.

Total terdapat 17 kepala daerah yang dilantik dari 19 kepala daerah yang dinyatakan terpilih pada kontestasi Pilkada Serentak 2020.

Setelah pelantikan kepala daerah, di tempat sama juga akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketua TP PKK dan Dekranasda enam kabupaten/kota yang dipimpin Ketua TP PKK dan Dekranasda Jatim Arumi Bachsin.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021