Eri Cahyadi resmi jabat Wali Kota Surabaya usai dilantik oleh Khofifah

id eri cahyadi,wali kota surabaya,pelantikan kepala daerah,pilkada,pilkada serentak,pilkada serentak 2020,pilkada 2020

Eri Cahyadi resmi jabat Wali Kota Surabaya usai dilantik oleh Khofifah

Eri Cahyadi (kiri) menerima petikan surat keputusan sebagai Wali Kota Surabaya dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (26/02/2021). ANTARA/HO-Biro Adm Pimpinan/fa/am.

Surabaya (ANTARA) - Eri Cahyadi resmi menjabat Wali Kota Surabaya setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat sore.

"Selamat kepada semua kepala daerah. Berikan yang terbaik untuk rakyat," ujar Gubernur Khofifah di sela memimpin pelantikan.

Eri Cahyadi terpilih sebagai orang nomor satu di Pemkot Surabaya setelah menang di pilkada setempat dan berpasangan dengan Armudji.

Selain pasangan Wali Kota Surabaya dan Wakil Wali Kota Surabaya, Gubernur secara serentak juga melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Bupati dan Wakil Bupati Gresik, serta Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.

Proses pelantikan dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan pakta integritas oleh pasangan kepala daerah, serta Gubernur Jatim.

Baca juga: Khofifah lantik Gus Ipul jadi Wali Kota Pasuruan

Baca juga: Pelantikan kepala daerah lancar indikator sukses Pilkada 2020


Berikutnya, prosesi-nya adalah pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan dan penyerahan petikan surat keputusan oleh gubernur ke para pasangan kepala daerah.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang diikuti lima pasangan kepala daerah tersebut merupakan prosesi ketiga atau terakhir pada hari ini.

Setelah pelantikan kepala daerah, di tempat sama juga dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketua TP PKK dan Dekranasda enam kabupaten/kota yang dipimpin Ketua TP PKK dan Dekranasda Jatim Arumi Bachsin.

Sementara itu, Eri Cahyadi sebelum pelantikan sungkem kepada orang tua dan dan mertua di kediaman di kawasan Ketintang Surabaya.

"Doa orang tua ini sangat penting. Saya sering melakukannya. Tidak hanya kepada orang tua tapi juga mertua saya," kata mantan Kepala Bappeko Surabaya yang didampingi istri-nya.

"Mohon doanya kepada seluruh masyarakat Surabaya, ayo kita bekerja bersama-sama. Kita gotong royong bersama, Insya Allah COVID-19 bisa dilewati dengan baik. Karena kita tidak sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Kita butuh kebersamaan untuk membangun Surabaya lebih baik," tutur Eri menambahkan.

Baca juga: 17 kepala daerah di Jatim dilantik hari ini

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar