Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melepasliarkan sebanyak 4.153 ekor benih bening lobster hasil sitaan di kawasan perairan Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

"Ini merupakan kegiatan pelepasliaran BBL kedua pada tahun 2021 di wilayah kerja Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang. Sebelumnya dilakukan pada tanggal 21 Januari 2021, dengan jumlah BBL yang dilepaskan 16.975 ekor," kata Kepala LPSPL Serang, Syarief Iwan Taruna Alkadrie dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pelepasan kali ini yaitu sebesar 4.153 ekor benih lobster, terdiri dari benih lobster pasir sebanyak 3.868 ekor dan benih lobster mutiara sebanyak 285 ekor.

Menurut Syarief Iwan, pihaknya selalu siap melakukan kegiatan pelepasliaran kapan pun dibutuhkan.

"Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Trenggono untuk memastikan kelestarian biota laut dan keberlanjutan populasinya untuk kesejahteraan bangsa dan generasi yang akan datang," ujar Iwan.

Baca juga: KKP lepasliarkan 147.383 benih lobster di perairan Padang

Iwan menambahkan, kejadian bermula dari adanya dugaan tindak pidana penyelundupan benih lobster di pesisir Binuangeun, Kabupaten Lebak, Banten.

Dugaan ini kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan pada tanggal 20 Februari 2021 yang dilakukan oleh Tim Opsnal (buru sergap) Subdit Intelair, bersama ABK Kapal Patroli (KP) Sanjaya - 7017 dan PSDKP di wilayah Binuangeun.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan benih lobster di tempat kejadian perkara berupa baby lobster (benur) yang sudah dikemas dan diberi oksigen.

Diduga benur lobster tersebut akan dijual ke bandar penampung. Selanjutnya, terduga pelaku dan benih lobster diamankan untuk dibawa ke KP. Sanjaya - 7017 guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Barang bukti berupa benih lobster diserahterimakan dari Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri kepada LPSPL Serang.

Tim gabungan secara bersama-sama melaksanakan pelepasliaran BBL hasil sitaan tersebut pada 21 Februari 2020 pukul 01.00 sampai 02.00 WIB di perairan Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: KKP lepasliarkan 3.000 benih lobster di Pulau Lusi Sidoarjo Jawa Timur

Lokasi pelepasliaran terletak pada koordinat 6°20'51,66" LS dan 105°49'23 20" BT di kedalaman 0-5 meter dan kondisi substrat pasir berkarang.

Ia memaparkan, perairan Desa Caringin dipilih atas pertimbangan kondisi perairan yang dinilai sesuai untuk tumbuh kembang benih lobster.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021