"Apabila kebutuhan nakes sudah mencukupi, maka akan kita bagikan kepada warga," kata Wali Kota Eri Cahyadi.
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima bantuan alat penanganan COVID-19 berupa puluhan ribu masker medis dan cairan pembersih tangan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini yang diberikan langsung di Balai Kota Surabaya, Minggu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bantuan dari kementerian sosial ini akan diinput dengan data Surabaya Peduli Bencana dan Peduli COVID-19 milik Pemkot Surabaya. Selain itu, bantuan tersebut akan didistribusikan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kota Surabaya.

"Apabila kebutuhan nakes sudah mencukupi, maka akan kita bagikan kepada warga," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Adapun puluhan kardus bantuan dari kemensos yang tertata di depan halaman Balai Kota Surabaya meliputi sebanyak 448 karton dengan total 10.752 botol cairan pembersih tangan dan masker medis berjumlah 25 karton dengan total 50 ribu pcs.

Menurut Eri, untuk saat ini salah satu fokus tujuannya adalah dapat menyelesaikan persoalan wabah global. Bahkan ia menyebut, hingga detik ini beberapa kelurahan dinilai sudah zona hijau atau nol kasus.

"Tinggal beberapa titik kelurahan yang belum hijau kita arahkan ke sana. Sambil pencegahan yang kita lakukan supaya yang hijau tidak bergerak naik. Lalu yang zona orange bergerak hijau kita akan fokus ke sana," ujarnya.

Sementara itu, Mensos Tri Rismaharini menambahkan, sebenarnya bantuan itu merupakan bantuan warga yang belum sempat diberikan kepada Pemkot Surabaya.

"Kita baru sempat serahkan hari ini karena beberapa minggu lalu harus berkelling mulai berbagai kota yang ada di Indonesia," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021