Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan pihaknya mempersilakan tim-tim peserta tidak mengontrak pemain untuk berlaga di turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

"Yang penting ada perjanjian antara klub dan pemain sehingga jelas hak juga kewajibannya," kata Sudjarno kepada Antara di Jakarta, Senin.

Menurut Kapolda Lampung periode 2016-2017 itu, LIB memang menerapkan regulasi yang luwes untuk Piala Menpora 2021. Sebab, kompetisi itu menjadi salah satu ajang uji coba klub yang mempersiapkan skuad menuju Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021. 

Baca juga: LIB: perubahan jadwal Piala Menpora kesepakatan dengan PSSI-Kemenpora 

Di samping itu, kondisi sepak bola nasional yang tanpa turnamen kompetitif sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19 juga menjadi pertimbangan.

Situasi demikian membuat klub banyak merekrut pemain baru karena personel lamanya habis kontrak.

"Jadi tidak masalah menurunkan pemain asing, pemain senior dan pemain muda EPA (Elite Pro Academy)," kata Sudjarno.

Terkait pemain asing, LIB mempersilakan setiap tim peserta untuk mempekerjakan maksimal empat pemain asing, dengan tiga berasal dari luar Asia sementara satu dari Asia.

"Untuk pemain asing, boleh diturunkan yang penting ada dokumen resmi seperti Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas)," tutur Sudjarno.

Baca juga: LIB pastikan 18 tim Liga 1 ikut Piala Menpora 2021 

Meski demikian, purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal Polisi itu mengungkapkan regulasi soal pemain tersebut masih akan dibicarakan dengan semua klub peserta.

"Mudah-mudahan tanggal 5 Maret 2021 sudah ada regulasinya, lalu kami minta tanggapan dari klub-klub untuk dibahas di rapat teknis," kata Sudjarno.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021, yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, akan diikuti 18 tim Liga 1.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup, yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca juga: Jelang Piala Menpora, komposisi skuat Madura United hampir rampung 
Baca juga: Persebaya kehilangan banyak pemain jelang turnamen Piala Menpora 
Baca juga: Persiraja seleksi tiga pemain asing untuk Piala Menpora 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021