PSSI ambil pelajaran dari batalnya uji coba timnas

id sea games,timnas indonesia,pssi,mochamad iriawan

PSSI ambil pelajaran dari batalnya uji coba timnas

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memberikan keterangan mengenai persiapan tim nasional Indonesia menjelang laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (2/3/2021). Pertandingan itu menjadi bagian dari persiapan menuju SEA Games 2021. ANTARA/Michael Siahaan.

Jakarta (ANTARA) - PSSI mengambil pelajaran dari batalnya pertandingan uji coba tim nasional Indonesia persiapan SEA Games 2021 kontra Tira Persikabo pada Rabu (3/3) karena belum turunnya izin keramaian dari Polri.

"Ini jadi pelajaran bagi kami terutama terkait kelengkapan yang harus disiapkan," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut bahwa pihaknya lalai tidak menyertakan satu dokumen dalam pengajuan izin keramaian laga timnas pada Rabu (3/3).

Namun, hal tersebut sudah dievaluasi sehingga Polri pada akhirnya menerbitkan izin keramaian untuk dua laga uji coba timnas yaitu menghadapi Tira Persikabo pada Jumat (5/3) dan Bali United pada Minggu (7/3).

Baca juga: Polri terbitkan izin dua laga uji coba Timnas U-22 di GBK
Baca juga: Ketum PSSI akui Shin Tae-yong kesal saat laga uji coba timnas batal


Mochamad Iriawan pun berjanji akan benar-benar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada laga tersebut.

Sebab, laga uji coba timnas menjadi semacam simulasi pertandingan kompetitif perdana untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dimulai 21 Maret 2021.

"Ini pelajaran berharga untuk menyelenggarakan kompetisi berikutnya yaitu Piala Menpora. Sekarang kita sedang menghadapi situasi luar biasa karena pandemi COVID-19 sehingga kami harus dapat mengelola sepak bola saat pandemi COVID-19 ini," tutur Iriawan.

Pertandingan tim nasional U-22 versus Tira Persikabo, yang sejatinya berlangsung pada Rabu (3/3) mulai pukul 20.00 WIB, gagal digelar kurang dari satu jam sebelum sepak mula karena izin keramaian Polri belum keluar.

Namun, setelah beberapa pertemuan dan komunikasi termasuk melibatkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, laga tersebut dapat kembali bergulir pada Jumat (5/3) mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca juga: Menpora bantu PSSI dapatkan izin keramaian untuk laga timnas

Polri mengeluarkan izin keramaian untuk pertandingan itu, bersama laga uji coba kedua timnas kontra Bali United pada Minggu (7/3) yang berlangsung pada waktu dan lokasi yang sama.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas sepak bola putra dari ajang ini demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.

Baca juga: Uji coba Timnas U-22 digelar 5 dan 7 Maret, diikuti tiga tim
Baca juga: Shin Tae-yong targetkan kemenangan pada dua laga uji coba
Baca juga: Timnas U-22 berjanji tampil maksimal pada dua uji coba

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar