Menpora apresiasi penerapan protokol COVID-19 saat uji coba timnas

id sea games,menpora,zainudin amali,pssi,tira persikabo,bali united

Menpora apresiasi penerapan protokol COVID-19 saat uji coba timnas

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) dan pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi (kanan) memberikan keterangan pers mengenai hasil pemantauan persiapan pertandingan uji coba timnas persiapan SEA Games 2021 kontra Tira Persikabo di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (5/3). Laga tersebut akan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB. ANTARA/Michael Siahaan.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi penerapan protokol pencegahan COVID-19 saat laga uji coba tim nasional Indonesia persiapan SEA Games 2021 versus Tira Persikabo pada Jumat (5/3).

Hal itu disampaikan Zainudin usai memantau lokasi pelaksanaan pertandingan tersebut di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta dan didampingi oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajarannya.

"Penilaian saya bahwa apa yang dipersiapkan panitia sudah sesuai dengan apa yang mereka sampaikan," ujar Menpora.

Baca juga: PSSI ambil pelajaran dari batalnya uji coba timnas

Meski demikian, politikus Partai Golkar itu menegaskan bahwa dirinya akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan sampai saat pertandingan digelar mulai pukul 20.00 WIB.

Zainudin pun berterima kasih kepada PSSI yang telah mengatur laga sedemikian rupa sehingga alur bergulirnya tidak melenceng dari kesepakatan soal pencegahan COVID-19.

"Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI yang sudah sejak kemarin mengontrol stadion ini. Beliau dan saya memang bertanggung jawab, menggaransi bahwa pelaksanaan pertandingan akan sesuai dengan protokol kesehatan," kata Menpora.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjanji bahwa laga timnas persiapan SEA Games 2021 kontra Tira Persikabo sesuai dengan aturan pada masa pandemi.

Baca juga: Timnas U-22 hadapi Tira Persikabo karena Bhayangkara FC tak siap

PSSI, kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, tidak ingin menodai pertandingan uji coba yang disebutnya bersejarah karena menjadi laga resmi PSSI pertama kala pandemi COVID-19.

"Itu menjadi komitmen kami. Pak Menpora juga sudah mengecek dan melihat apakah protokol sudah dilakukan dengan baik seperti rapat koordinasi sebelumnya dengan beliau," tutur Iriawan.

Kedatangan Menpora sendiri terkait dengan batalnya pertandingan tim nasional persiapan SEA Games 2021 menghadapi Tira Persikabo pada Rabu (3/3) kurang dari satu jam sebelum laga digelar pada pukul 20.00 WIB karena izin keramaian Polri belum keluar.

Baca juga: Menpora bantu PSSI dapatkan izin keramaian untuk laga timnas

Namun, setelah beberapa pertemuan dan komunikasi termasuk melibatkan Menpora Zainudin Amali, laga tersebut dapat kembali bergulir pada Jumat (5/3) mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Polri mengeluarkan izin keramaian untuk pertandingan itu, bersama laga uji coba kedua timnas U-22 kontra Bali United pada Minggu (7/3) yang berlangsung pada waktu dan lokasi yang sama.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas sepak bola putra dari ajang ini demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.

Baca juga: Polri terbitkan izin dua laga uji coba Timnas U-22 di GBK
Baca juga: Uji coba Timnas U-22 digelar 5 dan 7 Maret, diikuti tiga tim
Baca juga: Shin Tae-yong targetkan kemenangan pada dua laga uji coba

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar