Ngawi (ANTARA) - Proses restorasi atau revitalisasi Benteng Van Den Bosch atau yang dikenal sebagai Benteng Pendem Ngawi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tercatat telah mencapai 10 persen.

Bupati Ngawi Ony Anwar menilai capaian 10 persen proses restorasi yang dilakukan oleh BUMN PT Nindya Karya tersebut telah sesuai jadwal dan akan terus dilakukan hingga target selesai 26 bulan mendatang.

"Sejak dimulai 21 Desember 2020, revitalisasi Beneng Pendem Ngawi sudah 10 persen. Ini progres yang baik," ujar Bupati Ony di Ngawi, Sabtu.

Sesuai rencana, restorasi Benteng Pendem Ngawi yang menyedot anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) senilai Rp113,7 miliar tersebut akan dilakukan selama 26 bulan atau maksimal hingga Januari 2023.


Baca juga: Presiden "ngopi" santai di Benteng Pendem Ngawi

Baca juga: Benteng Pendem direstorasi guna dongkrak pariwisata Ngawi




Menurut Bupati, pekerjaan prioritas di tahap awal adalah plester mengelupas. Dari 13 bangunan di atas tanah seluas 7.500 meter persegi tersebut, semuanya telah dikupas.

Sambil menunggu proses restorasi selesai, Pemkab Ngawi terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Koordinasi secara virtual tersebut adalah dalam rangka mengupayakan dukungan bagi Benteng Pendem Ngawi yang akan dikembangkan sebagai ikon wisata "heritage" di kabupaten setempat.

Yakni, di antaranya dukungan penyediaan akomodasi hotel berbintang yang lebih representatif, jalur transportasi yang layak, dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai. Sehingga semakin menarik wisatawan.



Baca juga: Dana restorasi Benteng Pendem Ngawi Rp150 miliar



Seperti diketahui, restorasi Benteng Pendem Ngawi masuk dalam turunan proyek strategis nasional untuk menjadi salah satu destinasi wisata berskala nasional dan internasional.

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Benteng Pendem Ngawi pada Fabruari tahun 2019 dan melihat potensi pada salah satu aset negara itu.

Adapun restorasi tersebut selain untuk melestarikan bangunan bersejarah, juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah Kabupaten Ngawi.



Baca juga: Benteng "Van den Bosch" Ngawi dihijaukan pohon dan bunga

Baca juga: Mau direstorasi, Kementerian PUPR survei Benteng Pendem Ngawi

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021