Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan bahwa turnamen pramusim untuk klub-klub Liga 2 akan dibahas secara rinci setelah pelaksanaan Piala Menpora 2021.

"Saat ini sudah masuk tahap rencana. Namun Piala Menpora selesai terlebih dahulu baru kami bersama federasi (PSSI-red) rancang seperti apa," ujar Sudjarno kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Meski demikian, dia mengingatkan, ujung tombak dari turnamen itu adalah PSSI.

LIB, kata Sudjarno, akan mengikuti kebijakan PSSI karena mereka merupakan operator kompetisi.

"Kami hanya operator," tutur purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal Polisi itu.

Baca juga: LIB pertimbangkan usul Menpora semifinal-final Piala Menpora di Solo

Sebelumnya, saat pertemuan virtual dengan pewarta pada Jumat (5/3), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa turnamen pramusim untuk klub Liga 2 masih dalam kajian.

"Kami juga ingin turnamen itu bergulir, tetapi butuh waktu. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar termasuk Piala Menpora," kata Iriawan.

Tim-tim Liga 2 belum memiliki turnamen pramusim sebagai persiapan menuju Liga 2 musim 2021.

Awalnya PSSI dan LIB memberikan slot untuk dua tim Liga 2 di turnamen pramusim Piala Menpora 2021, tetapi keputusan itu dianulir.

Dengan demikian, turnamen pramusim Piala Menpora 2021, yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, diikuti 18 tim Liga 1.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pengundian grup dan rapat manajer akan dilakukan pada 8 Maret 2021 di Jakarta.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca juga: LIB: Persija, Persib, Persebaya, Arema di grup terpisah Piala Menpora
Baca juga: Undian grup Piala Menpora 2021 pada 8 Maret
Baca juga: PSSI pastikan Piala Menpora 2021 dibuka di Solo

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021