Siapa yang menguasai AI dia yang berpotensi menguasai dunia
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) harus menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia.

Presiden Jokowi memberi sambutan dalam peresmian pembukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT 2021 di Istana Negara Jakarta, Senin.

"BPPT harus menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia. Sekali lagi BPPT harus menjadi pusat kecerdasan teknologi di indonesia," ujar Presiden sebagaimana disaksikan secara virtual di Jakarta, Senin.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut 4,6 juta vaksin AstraZeneca segera tiba Maret

Presiden mengingatkan saat ini era perang artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di mana persaingan menguasai AI sudah sama layaknya space war di era perang dingin.

"Siapa yang menguasai AI dia yang berpotensi menguasai dunia. Kita kejar-kejaran dan menghadapi perang AI saat ini kita memerlukan BPPT yang bisa memproduksi teknologinya sendiri," jelas Presiden.

Baca juga: Presiden Jokowi imbau masyarakat tak khawatir varian baru virus Corona

Baca juga: BPPT akan pasang 13 buoy atau pendeteksi tsunami pada 2020-2024


Presiden meminta BPPT menyinergikan talenta-talenta diaspora, peneliti-peneliti di universitas, "startup" teknologi, generasi muda yang militan, untuk membangun mesin AI Indonesia yang bisa memfasilitasi gotong-royong antar-inovator dan peneliti.

Presiden meminta BPPT memfasilitasi kecerdasan komputer dan manusia untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang tidak konvensional sekaligus efektif.

"Saya berharap agar BPPT bisa menjadi lembaga extraordinary, terus menemukan cara-cara baru yang inovatif dan kreatif, menghasilkan karya nyata yang kontributif untuk kemajuan bangsa," jelas Presiden.

Baca juga: Ini empat teknologi pendukung mitigasi gempa-tsunami dalam INATEWS

Baca juga: BPPT kembangkan rapid antigen dan kit deteksi antibodi COVID-19

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021