Mudah-mudahan lansia dan petugas pelayanan publik selesai pada Mei tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang menyasar sekitar 38 juta warga lanjut usia (lansia) serta petugas pelayanan publik ditargetkan rampung pada Mei 2021, kata Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Murti Utami.

"Saat ini kita sedang melakukan percepatan (vaksinasi COVID-19). Mudah-mudahan lansia dan petugas pelayanan publik selesai pada Mei tahun ini," kata Murti Utami saat menghadiri vaksinasi terhadap pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jakarta Timur, Senin.

Murti mengatakan untuk agenda tahap pertama vaksinasi yang menyasar sekitar 3 juta lebih tenaga kesehatan sejak Januari-Februari 2021 telah rampung.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi dijadwalkan tinjau vaksinasi massal di Bengkulu

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap kedua mencapai 38.513.446 orang lansia serta petugas pelayanan publik.

"Pada tahap kedua ini sudah dilaunching Pak Presiden diperuntukkan bagi kalangan prioritas, seperti lansia serta mereka yang berhadapan dengan publik," katanya.

Murti menambahkan target vekasinasi untuk seluruh Indonesia mencapai 181 juta atau hampir sekitar 70 persen populasi untuk menjadikan kekebalan komunal.

Baca juga: Pemkot Bogor jadwalkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada Maret-April

Baca juga: 500 juru vaksin Bekasi dilibatkan pada vaksinasi tahap dua


"Kita harapkan semua ini bisa selesai dalam satu tahun, sehingga di kementerian maupun lembaga sudah banyak sekali melaksanakan (vaksinasi COVID-19) di kantor masing-masing," katanya.

Sementara itu dalam agenda vaksinasi COVID-19 di Kantor BPKP di Jakarta Timur menyasar 6.017 pegawai yang tersebar di 34 kantor provinsi di Indonesia.

"Sebanyak 2.850 dari total 6.017 pegawai di antaranya mendapatkan vaksin di Kantor Pusat BPKP dalam kurun waktu tiga hari (8-10 Maret 2021),” ujar Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Baca juga: Menkes targetkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua tuntas Juni

Baca juga: 14.820 vial vaksin COVID-19 tahap dua tiba di Lampung


 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021