Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meyakini turnamen pramusim Piala Menpora 2021 bisa menjadi kesempatan bagus bagi para pemain tim nasional yang dipersiapkan untuk SEA Games 2021 untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Menurut Zainudin, penampilan para pemain timnas pada dua laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno belum maksimal, mengingat sudah terlalu lama rehat dari kompetisi. Piala Menpora 2021 diharapkan meningkatkan performa demi SEA Games 2021.

“Teman-teman bisa lihat bagaimana orang yang berhenti bertanding dalam satu tahun. Kasihan mereka harus recovery. Mudah-mudahan pada saat Piala Menpora nanti tidak terlalu jauh perbedaannya sehingga klub-klub bisa menggunakan kesempatan ini untuk me-recovery,” tutur Zainudin dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Penurunan kondisi fisik memang menjadi salah satu catatan pelatih Shin Tae-yong dalam dua laga uji coba kemarin. Meski meraih dua kemenangan, pelatih asal Korea Selatan itu menilai fisik pemain-pemainnya harus terus digenjot karena masih berada pada angka 60-70 persen.

Baca juga: Patuhi prokes, latihan perdana Barito Putera digelar tertutup

Meski demikian, Zainudin memaklumi dengan waktu singkat pemusatan latihan (TC) yang hanya berlangsung satu bulan menjelang laga uji coba, hasilnya tak akan maksimal. Namun pertandingan kemarin, menurut dia, sudah cukup bagi Shin Tae-yong untuk mengevaluasi penampilan pemain secara keseluruhan.

Oleh karena itu, dia meminta para pemain timnas dapat memanfaatkan Piala Menpora 2021 dengan baik apalagi Indonesia mempunyai ambisi besar meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam yang digelar November.

“Dengan target emas di SEA Games, mereka harus lebih kerja keras lagi. Hasilnya satu bulan (TC) cukup keliatan tapi mereka juga main dengan tim yang berhenti bermain satu bulan,” kata dia.

“Yang terpenting bukan hasil yang perlu dicatat tapi apa yang bisa dievaluasi oleh pelatih Shin. Saya kira mereka bisa mengatasinya dengan klubnya masing-masing,” kata dia.

Baca juga: Menpora simpulkan prokes uji coba timnas dijalankan penuh disiplin

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021