Warga bersihkan saluran air untuk cegah banjir

id Kampung Tanggap Bencana,Pembersihan Saluran Air,Pencegahan dini banjir,Jakarta banjir

Warga bersihkan saluran air untuk cegah banjir

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko bersama warga RW 05 Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, saat membersihkan saluran air pada Minggu (14/3/2021) sebagai langkah pencegahan dini banjir di lingkungannya. (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Sekitar 300 warga RW 05 Kelurahan Sunter Agung membersihkan saluran air di lingkungannya untuk mencegah banjir.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko di Jakarta Utara, Ahad, mengatakan pembersihan saluran air tersebut dilakukan secara dini dilakukan karena awal 2020, lingkungan sekitar itu sempat tergenang air.

"Sekarang kering kerontang mas, tapi awal tahun 2020 sempat tergenang," kata Danang.

Pembersihan saluran air itu juga dilakukan bersama dengan 21 orang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tingkat kelurahan dan delapan petugas Lingkungan Hidup-Unit Pengelola Kegiatan (LH-UPK) Badan Air.

"Pengerjaan dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 10.30 WIB tadi pagi," kata Danang.

Baca juga: Puluhan Satpol PP Jaktim ikuti pelatihan penyelamatan banjir
Baca juga: BPBD DKI Jakarta: Waspada kenaikan air di Pos Pantau Angke Hulu


Adapun estimasi sampah yang diangkut dari saluran air di RW 05 sebanyak 15 meter kubik. Pengangkutan dilakukan menggunakan dua unit truk sampah.

Kawasan RW 05 diketahui menjadi lokasi proyek percontohan Kampung Tangguh penanganan bencana di Kelurahan Sunter Agung, berdasarkan inventarisir lokasi-lokasi yang rawan genangan.

Sebagai Kampung Tanggap Bencana, warga setempat selalu berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air melakukan persiapan antisipasi terjadinya genangan.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar