Baznas Pariaman kucurkan Rp80 juta bedah empat RTLH sepanjang 2020

id berita pariaman,berita sumbar,bedah

Baznas Pariaman kucurkan Rp80 juta bedah empat RTLH sepanjang 2020

Ketua Baznas Kota Pariaman, Sumbar, Jamohor. (Antarasumbar/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengucurkan dana Rp80 juta untuk membedah empat rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah itu sepanjang 2020 dengan nilai anggaran Rp20 juta per unit.

"Meskipun dari Baznas Rp20 juta tapi nilai kerjanya ada yang mencapai Rp80 juta," kata Ketua Baznas Kota Pariaman, Jamohor di Pariaman, Senin.

Ia merinci besaran bedah empat rumah tersebut yaitu Rp45 juta, Rp50 juta, Rp60 juta, dan Rp80 juta yang biaya itu sesuai dengan ukurannya yang bervariasi mulai dari 6x7 meter hingga 8x9 meter dengan bentuk permanen serta memiliki rangka beton dan besi.

Untuk mendapatkan dana tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan Lembaga Koordinator Kesejahteraan Sosial dan masyarakat setempat untuk memberikan bantuan.

Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu memulai program bedah rumah di Pulau Sebira

Baca juga: Baznas Jaksel bedah 68 rumah tidak layak huni


Ia menyampaikan tingginya anggaran tersebut juga karena pihaknya ingin pembangunan yang dibuat dapat tahan lama sehingga penerima nantinya dapat lebih fokus untuk biaya pendidikan anaknya.

"Keinginan penerima juga seperti itu, mereka ingin membuat satu rumah hanya sekali," katanya.

Pada tahun ini, pihaknya berupaya meningkatkan jumlah RTLH yang akan dibedah baik dengan bekerjasama dengan Baznas Sumbar maupun perantau. Bahkan aparatur sipil negara di daerah itu juga menyatakan juga siap membantu bedah RTLH

"Saya bangga dengan alumni STPDN di Pariaman yang peduli, saya dengar mereka juga akan membuat rumah pula dua unit," ujarnya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk ikut peduli dengan kondisi warga miskin yang tinggal di RTLH karena pihaknya tidak bisa secara maksimal untuk membedah banyak rumah yang tidak layak huni di daerah itu karena juga mendanai program lainnya, yaitu Pariaman Makmur, Pariaman Cerdas, Pariaman Peduli, Pariaman Taqwa, dan Pariaman Sehat.*

Baca juga: Pemprov Kaltara-Baznas Tarakan sinergikan program bedah rumah

Baca juga: Anies sebut dana bedah 402 rumah didominasi zakat pegawai pemerintah

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar