Musyawarah komite teknis hari ini setuju untuk mengizinkan operasi Bazar Ramadan dan Bazar Idul Fitri di seluruh negeri sepanjang Ramadan ini
Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia bakal mengizinkan pelaksanaan bazar Ramadhan dan bazar Idul Fitri di seluruh negara bagian negara tersebut pada Ramadhan kali ini.

"Musyawarah komite teknis hari ini setuju untuk mengizinkan operasi Bazar Ramadan dan Bazar Idul Fitri di seluruh negeri sepanjang Ramadan ini," ujar Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob di Kuala Lumpur, Selasa.

Dia mengatakan rapat komite teknis turut berbincang beberapa perkara bagi memudahkan umat Islam membuat persiapan.

Sejumlah SOP penting yang perlu dipatuhi diantaranya lokasi di kawasan terbuka, menyediakan jalan satu arah yakni pintu masuk dan keluar berbeda, pendaftaran aplikasi My Sejahtera di pintu masuk, pembatasan jumlah pengunjung.

Kemudian waktu operasi bazar Ramadan dari jam 15.00 petang hingga 20.00 malam dan Bazar Idul Fitri dari jam 10.00 pagi hingga 24.00 tengah malam.

"Walau bagaimanapun, dari sudut lokasi, jumlah gerai serta ukuran lapak dan lain-lain akan ditentukan oleh pihak berkuasa setempat di negeri masing-masing," katanya.

Selain itu musyawarah juga setuju untuk mengizinkan solat terawih secara berjemaah di masjid dan surau di seluruh negara.

"Walau bagaimanapun, jumlah kehadiran jamaah adalah tergantung kepada pihak berkuasa agama di negeri-negeri," katanya.


Baca juga: Anwar Ibrahim menerima vaksin COVID-19

Baca juga: Kemendes PDTT berkomitmen terus bangun di kawasan perbatasan negara

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021