Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada berharap skuadnya mendapatkan lawan uji coba dengan kualitas yang sepadan.

Menurut Rudy, usai memimpin timnya menaklukkan Bina Sentra Cirebon dengan skor 15-0 di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, kriteria lawan yang diinginkannya yaitu memiliki kualitas tekanan (pressing) mumpuni.

"Saya berharap lawan dapat memberikan kami tekanan. Ini supaya pemain dapat memecahkan situasi dalam pertandingan," kata Rudy.

Saat menghadapi Bina Sentra Cirebon, juru taktik berusia 38 tahun itu sedikit kecewa karena lawan tak menekan skuadnya dengan maksimal.

Itu membuat timnas putri leluasa membangun serangan dan menguasai pertandingan. Sisi positifnya, para pemain skuad 'Garuda Pertiwi' tampil baik, tak mudah kehilangan bola dan melakukan penyelesaian akhir yang apik sehingga menang telak 15-0.

Baca juga: Pelatih belum puas meski timnas putri menang 15-0 dalam uji coba

Rudy sendiri sudah merencanakan laga uji coba selanjutnya yaitu pada Jumat (19/3). Akan tetapi, berbeda saat mengalahkan Bina Sentra di mana Rudy banyak menurunkan pemain senior, pertandingan berikutnya akan banyak melibatkan pemain muda.

"Pada Jumat nanti yang bertanding pemain-pemain U-18. Untuk lawannya, akan ditentukan oleh manajemen timnas," kata dia.

Terkait uji coba timnas putri, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa sejatinya timnas putri ingin ditandingkan melawan kesebelasan dari luar negeri. Sayangnya, rencana itu belum bisa terwujud karena pandemi COVID-19 yang belum terkendali.

Baca juga: PSSI belum targetkan medali SEA Games kepada timnas putri

Meski demikian, PSSI tetap mengupayakan lawan uji coba terbaik bagi timnas putri.

"Situasi cukup sulit untuk beruji coba dengan tim luar negeri. Namun kami akan memberikan tim berkualitas baik. Bina Sentra ini sejatinya bagus karena diperkuat pemain-pemain seleksi Porda. Nanti rencananya juga ada melawan tim putra," tutur Iriawan.

Timnas putri Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 8-31 Maret 2021.

Utamanya, TC ini menjadi persiapan menuju SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam pada November-Desember. Namun, sebelum itu, timnas putri dijadwalkan berlaga di beberapa kompetisi seperti Turnamen Jenesys di Jepang serta lainnya seperti Piala AFF U-16, U-19 serta Piala AFF senior putri.

Baca juga: Timnas putri jalani latihan perdana untuk SEA Games 2021
Baca juga: Timnas putri lahap menu 'pressure game' minggu pertama TC
Baca juga: Pelatih: timnas putri harus diisi pemain pantang menyerah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021