Bantul (ANTARA) - Kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam sehari terakhir bertambah 100 orang, sehingga total pasien pulih, per Kamis ini, menjadi 8.004 orang.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Bantul dalam keterangan resmi, pada Kamis malam, menyebutkan kasus sembuh tersebut berasal dari Kecamatan Banguntapan 18 orang, disusul Kecamatan Jetis 14 orang, Kecamatan Imogiri 12 orang, dan Kecamatan Kasihan 10 orang.

Selanjutnya dari Kecamatan Bantul sembilan orang, Bambanglipuro enam orang, Pandak enam orang, Pleret lima orang, dari Srandakan, Sanden, dan Sewon masing-masing empat orang, Dlingo tiga orang, sisanya dari Kretek dua orang, Piyungan dua orang, serta dari Pajangan satu orang.

Meski demikian dalam periode yang sama terdapat penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 berjumlah 87 orang, berasal dari Kecamatan Banguntapan 23 orang, Srandakan 11 orang, Pajangan 10 orang, kemudian Bantul delapan orang, dan Jetis tujuh orang.

Baca juga: Di Bantul-DIY, kesenian di hajatan masyarakat dibolehkan sesuai prokes

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Bantul tambah 68 jadi 7.730 orang


Selanjutnya dari Imogiri empat orang, Sedayu empat orang, sisanya dari Pundong, Pandak, Pleret, dan Sewon masing-masing tiga orang, serta dari Kretek, Bambanglipuro, Piyungan, dan Kasihan masing-masing dua orang. Dengan demikian total kasus positif COVID-19 di Bantul secara akumulasi berjumlah 9.124 orang.

Sedangkan untuk kasus konfirmasi positif COVID-19 yang meninggal pada Kamis bertambah empat orang dari Kecamatan Pundong, Bantul, Banguntapan, dan Kasihan, sehingga total kasus kematian di Bantul menjadi 257 orang.

Dengan perkembangan kasus COVID-19 harian tersebut, maka data pasien COVID-19 aktif domisili Bantul yang masih menjalani isolasi di sejumlah selter dan rumah sakit lapangan per hari Kamis berjumlah 863 orang.

Satgas COVID-19 Bantul mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran SARS-CoV-2 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan prinsip 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.*

Baca juga: Bantul longgarkan pembatasan kegiatan seiring vaksinasi digencarkan

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Bantul bertambah 113 orang

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021