Gajah sumatra terluka di Aceh Timur

id Aceh,Aceh Timur,BKSDA,Gajah,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Gajah sumatra terluka di Aceh Timur

Ilustrasi - Tim konservasi sumber daya alam mengevakuasi anak gajah yang terkena jerat di hutan kawasan pedalaman Aceh Timur, Selasa (18/6/2019). ANTARA/HO-BKSDA Aceh.

Banda Aceh (ANTARA) -
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyatakan seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatramus) dilaporkan dalam kondisi terluka di kawasan Peunarun, Kabupaten Aceh Timur.
 
"Ada laporan seekor gajah terluka di Aceh Timur. Tim BKSDA bersama mitra sedang mengikuti jejak untuk memeriksa gajah sumatra tersebut,” kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto di Aceh Timur, Sabtu.
 
Ia mengatakan berdasarkan laporan awal, gajah sumatra tersebut ditemukan terpisah dari kawanannya.

Baca juga: Seekor gajah sumatra mati di CRU Aceh Utara

Gajah tersebut dilaporkan saat berjalan terlihat seperti menahan sakit di bagian kaki.
 
“Tim masih di lapangan menelusuri keberadaan gajah tersebut untuk selanjutnya ditangani secara medis. Kami belum bisa menyampaikan apa penyebab gajah tersebut terluka,” kata Agus Arianto.
 
I menegaskan gajah sumatra merupakan satwa liar yang dilindungi. Berdasarkan data organisasi konservasi alam dunia, IUCN, gajah sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra.
 
"Satwa tersebut masuk spesies terancam kritis dan berisiko tinggi untuk punah di alam liar. Kami mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian gajah sumatra" kata Agus Arianto.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar