Sekda DKI minta perangkat daerah pastikan lansia dapat vaksin

id vaksin lansia jakarta

Sekda DKI minta perangkat daerah pastikan lansia dapat vaksin

Sekda DKI Jakarta Marullah (kanan) saat ditemui usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Senin. ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali meminta jajaran perangkat daerah, baik RT/TW, Lurah, Camat hingga Wali Kota di setiap kota administrasi memastikan warga lanjut usia (lansia) mendapat layanan vaksinasi COVID-19.

Marullah menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta menargetkan hingga 31 Maret 2021, lebih dari 900.000 lansia sudah tervaksinasi.

"Kita meminta kepada teman di wilayah mulai dari Wali Kota, Camat, dan Lurah sampai tingkat RT dan RW untuk memastikan semua lansia bisa diprogram sampai 31 Maret," kata Sekda Marullah saat ditemui usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Senin.

Marullah menjelaskan pihaknya terus melakukan upaya percepatan vaksinasi bagi warga lansia, salah satunya dengan membuat sentra vaksin di tingkat kelurahan, sehingga memudahkan dan memberi akses warga lansia.

Baca juga: Keluarga berperan penting bantu vaksinasi lansia

Selain itu, Lurah juga diminta aktif melakukan "penjemputan bola" terhadap warga yang belum divaksin, seperti menjemput lansia dengan mobil Satpol PP.

"Kita minta semua di kelurahan terutama membuat sentra vaksin. Ini penanganan vaksin COVID-19 sudah mirip dengan kedaruratan. Jadi, kami minta di wilayah kecamatan dan kelurahan proaktif," kata dia.

Khusus pada warga lansia yang menolak divaksin, Marullah mengimbau Lurah di tiap wilayah terus melakukan sosialisasi dan informasi, meskipun tenggat waktu untuk vaksinasi ini sudah mendekati akhir Maret.

Sementara itu berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, sebanyak 50.400 lansia sudah divaksin dari 129.093 lansia yang menjadi sasaran.

Baca juga: 23.347 lansia di Jakarta Utara terima dosis pertama vaksin COVID-19

Sejauh ini, sebanyak 96 lansia di Kecamatan Sawah Besar telah divaksin pada Senin (22/3), berdasarkan data pukul 10.30 WIB.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menargetkan layanan vaksin yang berlangsung hingga pukul 16.00 WIB ini dapat menyasar 400 lansia Senin ini.

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar