Dhaka (ANTARA) - Otoritas Bangladesh mulai menyelidiki penyebab kebakaran besar yang menewaskan beberapa orang di kamp pengungsi Rohingya, sementara para petugas pada Selasa berupaya menemukan lebih banyak korban di antara puing-puing.

"Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Pihak berwenang sedang menyelidiki untuk menentukan sebab kebakaran itu," kata Zakir Hossain Khan, seorang pejabat senior kepolisian Bangladesh.

Api menerobos kamp Balukhali dekat kota tenggara Cox's Bazar pada Senin malam (22/3), membakar ratusan rumah sementara orang-orang bergegas menyelamatkan harta benda mereka yang tidak seberapa.

Polisi sejauh ini mengonfirmasi dua kematian setelah jasad-jasad itu ditemukan. Namun, para saksi di kalangan Rohingya mengatakan beberapa orang tewas dalam kobaran api, hingga menyebabkan puluhan ribu orang tidak memiliki tempat berlindung.

Beberapa saksi mata mengatakan pagar kawat berduri di sekitar kamp menjebak banyak orang, menyebabkan beberapa korban dan badan-badan kemanusiaan internasional terkemuka menyerukan pemindahan.

Organisasi kemanusiaan Refugees International memperkirakan 50.000 orang telah mengungsi ---dari kamp-kamp yang sudah penuh sesak menampung lebih dari satu juta pengungsi Rohingya--- dan tingkat kerusakan mungkin tidak diketahui untuk beberapa waktu.

"Banyak anak hilang, dan beberapa tidak dapat lari menyelamatkan diri karena kawat berduri dipasang di kamp," kata organisasi itu dalam pernyataan.

John Quinley, dari Fortify Rights, sebuah organisasi pembela hak asasi di daerah itu, mengatakan dia telah mendengar laporan serupa. Dia menambahkan bahwa pagar tersebut pada masa lalu juga telah menghambat distribusi bantuan kemanusiaan dan layanan vital di kamp-kamp.

"Pemerintah harus membongkar pagar dan melindungi pengungsi," kata Quinley melalui pernyataan.

"Sekarang telah terjadi sejumlah kebakaran besar di kamp-kamp, termasuk kebakaran besar pada Januari tahun ini. Pihak berwenang harus melakukan penyelidikan yang tepat atas penyebab kebakaran tersebut."

Sebagian besar orang di kamp-kamp itu lari dari Myanmar pada 2017 di tengah penumpasan oleh pimpinan militer terhadap Rohingya. Aksi itu dituding penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa dilancarkan dengan "niat genosida". Tuduhan itu dibantah Myanmar.


Sumber: Reuters

Baca juga: Empat pengungsi Rohingya tewas dalam kebakaran di kamp Bangladesh

Baca juga: Bangladesh minta Myanmar tetap jaga komitmen repatriasi Rohingya

Baca juga: India didesak lindungi pengungsi Rohingya yang terapung di laut


 

Kebakaran besar kembali landa kamp pengungsi Rohingya


 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021