Adanya pengembangan Pelabuhan Patimban akan menstimulasi tumbuhnya sejumlah kawasan industri baru dalam segitiga emas Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, Cirebon dan sekitarnya
Jakarta (ANTARA) - Para pelaku usaha industri mebel dan kerajinan yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menilai Pelabuhan Patimban akan menstimulasi pertumbuhan kawasan industri baru di sekitarnya, juga di daerah-daerah di Indonesia.

“Adanya pengembangan Pelabuhan Patimban akan menstimulasi tumbuhnya sejumlah kawasan industri baru dalam segitiga emas Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, Cirebon dan sekitarnya,” kata Ketua Presidium HIMKI Abdul Sobur lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Kamis.

Sobur mengatakan, kawasan tersebut saling terkoneksi dan saling mendukung satu dengan yang lain sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor.

Kawasan tersebut akan menjadi metropolitan baru yang menjadi lokomotif yang menarik gerbong perekonomian Jawa Barat klhususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sobur menyampaikan, HIMKI menjadikan momentum musyawarah daerah untuk menjadikan Jawa Barat sebagai lokus terdepan basis produksi industri kreatif nasional.

“Hal ini tentu sangat penting mengingat Jawa Barat memiliki dua pusat pertumbuhan ekonomi baru, yaitu di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dan di kawasan pelabuhan besar di Patimban, Kabupaten Subang. Kertajati dan Subang akan menjadi kawasan pertumbuhan baru,” kata Sobur.

Baca juga: PT Pelabuhan Patimban Internasional resmi kelola Pelabuhan Patimban

Baca juga: Menhub berharap pemangku kepentingan pelabuhan ikut pulihkan ekonomi

Baca juga: Legislator berharap Pelabuhan Patimban sejahterakan warga sekitar

Baca juga: Anggota DPR: Permudah akses ke Pelabuhan Internasional Patimban Jabar

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021