Rangkaiannya memang betul tapi itu tidak akan meledak karena pemicunya tidak ada
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menjelaskan benda mencurigakan yang ditemukan warga di Cipinang Indah, Pondok Bambu Duren Sawit, Jakarta Timur, adalah mainan berisi serbuk petasan.

"Barang mencurigakan diduga bom itu dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk didalami. Hasilnya barang tersebut adalah fake bom, atau bom palsu, atau bom mainan yang dibuat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat.

Baca juga: Benda mencurigakan ditemukan warga di Cipinang

Yusri kemudian menambahkan bahwa berdasarkan pengecekan Puslabfor Mabes Polri, terungkap bahwa benda mencurigakan tersebut tidak bisa meledak.

"Juga ada beberapa serbuk di dalam benda diduga bom tersebut, indikasi nya itu adalah serbuk petasan. Rangkaiannya memang betul tapi itu tidak akan meledak karena pemicunya tidak ada. Setelah dibuka baru diketahui," tambahnya.

Baca juga: Polisi selidiki penemuan benda diduga mortir di Cipinang

Yusri mengungkapkan dari hasil pemeriksaan Puslabfor dan Gegana disimpulkan bahwa itu adalah bom palsu.

"Setelah dibuka dan disimpulkan itu oleh puslabfor itu adalah bom palsu," ujarnya.

Baca juga: Gegana sita granat dan magasin berisi tujuh peluru di Jaktim

Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut dan saat ini telah memeriksa dua orang saksi.

"Ini masih kita terus dalami, mencari siapa yang meletakkan tas tersebut di TKP. Kita kumpulkan alat bukti seperti saksi dan CCTV. Saksi baru dua orang, karyawan MA dan Security S," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021