Jakarta (ANTARA News) - RI dan Mozambique segera menjalin kerja sama pemberdayaan Koperasi dan UKM (KUKM) melalui nota kesepahaman yang akan ditandatangani pada 7 Juni 2010.

"Kita akan saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang pemberdayaan KUKM dengan Mozambique," kata Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, kesepakatan yang akan segera ditandatangani antar-dua pihak itu akan membahas implementasi kerja sama.

Salah satu kerja sama yang akan dilakukan adalah dalam hal pelatihan atau capacity building pelaku KUKM dari Indonesia kepada Mozambique dan juga sebaliknya.

"Mereka (Pemerintah Mozambique) melihat pencapaian kita dalam sektor KUKM cukup bagus, meski kita sendiri belum puas," katanya.

Menurut rencana Duta Besar Mozambique untuk Indonesia dan Menteri Perindustrian negara itu akan hadir untuk menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Sebelumnya, pihaknya telah menjajaki dan menjalin kerja sama pemberdayaan KUKM dengan berbagai negara sahabat di antaranya Mesir untuk pemberdayaan enceng gondok menjadi kerajinan, Jepang soal OVOP (One Village One Product), Amerika Serikat tentang pemberdayaan KUKM, Korea juga tentang KUKM, dan Palestina untuk pelatihan SDM.

"Dalam hal kerja sama kita harus saling menguntungkan, apa keuntungan yang bisa kita dapat dari mereka dan apa keuntungan yang kita bisa berikan kepada mereka," demikian Menteri Koperasi dan UKM.(*)
(T.H016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010