diharapkan vaksinasi bagi jemaah calon haji dapat segera dilakukan
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung menyiapkan vaksinasi COVID-19 untuk 7.050 calon jamaah haji.

"Berdasarkan rapat koordinasi, syarat dari Kerajaan Arab Saudi untuk pelaksanaan ibadah haji ialah setiap calon jamaah harus mendapatkan vaksinasi, sehingga kita siapkan hal ini," ujar Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan tercatat di Provinsi Lampung ada sebanyak 7.050 calon jamaah haji yang akan melaksanakan vaksinasi.

Baca juga: Dinas Kesehatan OKU vaksinasi COVID-19 ratusan calon jamaah haji

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepala daerah, serta Dinas Kesehatan karena ini sifatnya wajib, sehingga diharapkan vaksinasi bagi jemaah calon haji dapat segera dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan telah ada beberapa kabupaten yang melaksanakan vaksinasi bagi calon jamaah haji.

"Untuk Kabupaten Lampung Selatan sudah melaksanakan vaksinasi, lalu Kabupaten Lampung Tengah, Tanggamus dan Pesawaran sudah dijadwalkan, Kabupaten Tulang Bawang akan dilaksanakan 30 Maret serta Kota Bandarlampung sudah 60 orang jemaah calon haji yang dijadwalkan melakukan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Himpuh minta pemerintah siapkan vaksin COVID-19 untuk calon haji

Baca juga: AMPHURI: Indonesia siap penuhi syarat vaksin COVID-19 bagi calon haji


Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bagi jemaah calon haji akan terus dilakukan sembari menunggu keputusan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

"Kami akan lakukan vaksinasi bagi jemaah calon haji, ini dilakukan sembari menunggu pelaksanaan haji 2021, namun bila nantinya masih ada penundaan, pelaksanaan vaksinasi ini akan tetap dilakukan untuk mensukseskan program vaksinasi pemerintah," ujarnya.

Ia mengatakan dengan adanya kewajiban untuk melaksanakan vaksinasi bagi calon jamaah haji, diharapkan pemerintah daerah dapat membantu pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Diharapkan pemerintah daerah dapat membantu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji," ucapnya.

Baca juga: Kemenag usulkan prioritas vaksin COVID-19 bagi JCH

Baca juga: Komisi VIII segera bahas vaksin COVID-19 untuk jamaah haji

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021