Pelatih: fisik pemain tim putri membaik namun belum capai level timnas

id timnas putri,pssi,sea games,rudy eka priyambada

Pelatih: fisik pemain tim putri membaik namun belum capai level timnas

Sejumlah pesepak bola timnas putri Indonesia mengikuti latihan di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). . ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih fisik tim nasional putri Gaselly Jun Panam menilai kualitas fisik para pemainnya membaik tetapi belum mencapai 'level timnas', berdasarkan uji kebugaran yang dilaksanakan pada akhir pemusatan latihan di Jakarta, Rabu (31/3).

"Sudah ada peningkatan, tetapi belum cukup baik untuk level timnas. Jadi tetap perlu berbenah lagi," ujar Gaselly dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu.

Timnas putri menjalani dua tes fisik pada Rabu (31/3), yaitu uji ketahanan dan 'bleep test'. Untuk melihat daya tahan, pemain mesti berlari cepat (sprint) dan dipantau dengan pewaktu. Kecepatan lari itu diukur per detik dengan tiga kali pengulangan.

"Yang menjadi perhatian kami sejak awal ialah menyangkut daya tahan dan kekuatan pemain," tutur Gaselli.

Setelah itu, anak-anak asuh pelatih Rudy Eka Priyambada itu juga diberikan menu 'bleep test'.

Baca juga: Pelatih: ritme permainan timnas putri perlu ditingkatkan 
Baca juga: Pelatih panggil dua pemain baru jelang berakhirnya TC timnas putri 


'Bleep test' merupakan uji kebugaran yang lazim digunakan di dunia olahraga untuk melihat kondisi stamina seorang atlet.

Pada umumnya, tes tersebut dilakukan dengan berlari sejauh 20 meter dan kembali lagi ke titik sebelumnya setelah terdengar bunyi 'bip'. Lari dari satu titik ke titik yang lain dilakukan secara berulang-ulang. Jeda antar bunyi 'bip' semakin lama semakin cepat dan para pemain harus menyesuaikan larinya dengan bunyi tersebut.

Menurut pelatih kepala Rudy Eka, hasil tes-tes tersebut menjadi catatan penting untuk mengevaluasi timnya.

"Tim pelatih mengharapkan para pemain yang nanti kembali ke rumah masing-masing untuk terus selalu menjaga kondisinya hingga pemusatan latihan berikutnya digelar. Latihan secara virtual nanti akan coba kami lakukan untuk memantau dan menjaga kondisi pemain," tutur Rudy.

Pemusatan latihan (TC) timnas putri Indonesia di Jakarta berlangsung pada 8-31 Maret 2021. Utamanya, TC itu menjadi persiapan menuju SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam pada November-Desember.

Namun sebelum itu, timnas putri dijadwalkan berlaga di beberapa kompetisi, seperti Turnamen Jenesys di Jepang pada 1-8 Juni 2021, Piala AFF U-16, U-19 serta Piala AFF senior putri. 

Baca juga: Pelatih apresiasi adaptasi pemain timnas putri 
Baca juga: Pelatih coret lima pemain timnas putri sebagai bagian 'keluar-masuk' 
Baca juga: Sabreena Dressler bertekad terus perbaiki performa di timnas putri 

 

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar