Kasus COVID tinggi, Polandia berjuang untuk kurangi beban rumah sakit

id polandia,beban rumah sakit,kasus covid-19 tinggi

Kasus COVID tinggi, Polandia berjuang untuk kurangi beban rumah sakit

Komuter tiba dari Polandia berdiri di samping perbatasan Jerman-Polandia menyebrang Stadtbruecke (jembatan kota) saat mereka menunggu untuk tes penyakit virus kota (COVID-19), di Frankfurt (Oder), Jerman, Senin (22/3/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannibal Hanschke/hp/cfo (REUTERS/HANNIBAL HANSCHKE)

Warsawa (ANTARA) - Polandia berusaha mengurangi beban pada rumah sakit di salah satu wilayah yang paling terpukul pada Rabu ketika kematian terkait COVID mencapai rekor pada tahun 2021.

Ketika jumlah kasus melonjak akibat penyebaran varian virus corona yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris, layanan kesehatan Polandia berada dalam kesulitan serius, dengan beberapa daerah hampir kehabisan ventilator.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, pada Senin ada satu ventilator yang tersedia di Silesia, kawasan industri selatan dengan populasi sekitar 4,5 juta orang.

Menteri Kesehatan Adam Niedzielski mengatakan 150-170 pasien COVID-19 dari Silesia akan dipindahkan ke daerah lain pada akhir pekan ini, dengan pesawat medis yang siaga 24 jam sehari untuk membantu.

"Situasi di Silesia sangat sulit, inilah saatnya masalah satu daerah tidak bisa diselesaikan hanya di wilayah ini saja," ujarnya kepada wartawan.

Tambahan 3.000 hingga 4.000 tempat tidur akan disediakan di seluruh wilayah Polandia pada akhir minggu, tambahnya.

Polandia melaporkan 653 kematian pada Rabu, jumlah tertinggi pada 2021, dan 32.874 kasus baru.

Niedzielski mengatakan Polandia akan mencapai puncak gelombang ketiga pandemi minggu ini atau tahun depan.

Di tengah laporan mahasiswa kedokteran yang dipanggil untuk menutup kekurangan staf dan pasien stroke yang diangkut di bagasi mobil penumpang, Wakil Menteri Kesehatan Waldemar Kraska berusaha meyakinkan warga Polandia bahwa layanan kesehatan dapat mengatasi keadaan.

"Situasinya terkendali tetapi sangat serius," katanya kepada penyiar publik TVP1 sebelum data hari Rabu dipublikasikan.

Namun, Malgorzata Jedrzejczyk, juru bicara rumah sakit Megrez di Tychy, sebuah kota di Silesia, mengatakan staf sedang berjuang untuk menangani jumlah pasien baru, tertinggi sejak dimulainya pandemi.

"Mereka (para dokter) bekerja sangat keras," katanya kepada Reuters.

"Ketika hanya ada sedikit staf medis ... dan di sisi lain ada banyak pasien yang masuk, kami pasti akan mengalami kelebihan beban yang sangat besar."

Secara total, Polandia, negara berpenduduk 38 juta, telah mencatat 2.321.717 kasus virus corona dan 53.045 kematian. Lebih dari 2 juta orang Polandia kini telah menerima dosis kedua vaksin COVID-19.

Sumber : Reuters

Baca juga: Varian COVID pada cerpelai di Polandia Utara dapat menginfeksi manusia

Baca juga: PM: Polandia sudah beli 60 juta lebih vaksin COVID

Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar