1.000 personel TNI-Polri dan Ormas amankan Paskah di Timika

id Pengamanan Paskah di Mimika,paskah ,pengamanan paskah

1.000 personel TNI-Polri dan Ormas amankan Paskah di Timika

Aparat TNI-Polri dibantu Ormas yang terlibat dalam pengamanan Paskah 2021 di Mimika mengikuti apel gelar pasukan di Lapangan Timika Indah, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Evarianus Supar.

Timika (ANTARA) - Sekitar 1.000 personel gabungan TNI dan Polri ditambah organisasi masyarakat akan terlibat dalam pengamanan kebaktian dan misa Paskah 2021 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Kepala Polres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, di Timika, Kamis, mengatakan selain personel TNI dan Polri yang berjumlah 500 orang, pengamanan perayaan Paskah juga dibantu oleh sejumlah ormas di wilayah itu seperti kelompok paguyuban-paguyuban, Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Mimika, Forum Kerukunan Umat Beragama dan lainnya.

"Terima kasih kepada ormas-ormas yang begitu antusias mendukung pengamanan Paskah 2021 yang akan dimulai pada Kamis malam ini (perayaan Kamis Putih) hingga Senin (5/4)," kata Adhinata.

Guna memastikan keamanan di gereja-gereja yang akan menggelar ibadah selama Pekan Suci, Tim Jihandak Brimob Batalyon B Polda Papua melakukan sterilisasi pada gereja-gereja besar di Kota Timika seperti Gereja Katedral Tiga Raja.

Ia meminta dukungan para pemuda di masing-masing gereja, dibantu Pos Peduli Keamanan (Peka) terdekat untuk ikut memantau keamanan di lingkungan gereja masing-masing.

"Apabila ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan kepada aparat keamanan," pintanya.

Jajaran Polres Mimika bersama kesatuan TNI setempat juga akan menggelar patroli gabungan di Timika untuk mengantisipasi munculnya berbagai kasus-kasus kejahatan seperti pencurian, jambret, mabuk-mabukan dan lainnya yang bisa mengganggu kenyamanan umat kristiani yang akan melaksanakan ibadah.

Dalam rangka mengamankan perayaan Paskah 2021 di Mimika, pada Kamis siang digelar apel gabungan seluruh personel TNI dan Polri serta ormas bertempat di Lapangan Timika Indah.
Para komandan satuan TNI-Polri di Mimika mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Paskah 2021 di Lapangan Timika Indah, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Evarianus Supar


Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika, Letnan Kolonel Penerbang Surono, yang bertindak selaku inspektur upacara mengatakan pengamanan di rumah-rumah ibadah umat kristiani semata-mata untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tenteram bagi yang akan melaksanakan ibadah.

"Kehadiran tim pengamanan di berbagai gereja diharapkan dapat mendukung saudara-saudara umat kristiani untuk melaksanakan ibadah dalam suasana yang aman, nyaman dan tenteram," ujarnya.

Harapan serupa disampaikan Komandan Kodim 1710/Mimika, Letnan Kolonel Infantri Yoga Cahya Prasetya.

Ia berharap perayaan Paskah 2021 di Mimika tahun ini berlangsung dalam suasana yang aman dan damai, tanpa gangguan apapun.

"Kegiatan pengamanan yang dilakukan jangan sampai membuat masyarakat merasa tidak nyaman, jusru sebaliknya semua itu dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman sehingga umat kristiani bisa melaksanakan ibadah Paskah dalam suasana yang khusuk," kata dia.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar