Jakarta (ANTARA) - Manchester City kini memiliki keunggulan 17 poin di puncak klasemen Liga Inggris setelah menang dalam rangkaian laga pekan ke-31.

Bertandang ke markas Leicester City di Stadion King Power Sabtu malam waktu setempat, tim besutan Pep Guardiola menang meyakinkan 2-0 dari gol-gol yang diciptakan Benjamin Mendy dan Gabriel Jesus.

City kini mengumpulkan  74 poin atau unggul 17 poin dari tim posisi kedua Manchester United (57).

Keunggulan City bisa terpangkas lagi jika rival sekota mereka menang saat menjamu Brighton & Hove Albion di Old Trafford, Minggu malam nanti.

Baca juga: Manchester City di ambang juara liga setelah bekuk Leicester 2-0
Baca juga: Tuchel akui Chelsea sudah main buruk sebelum kartu merah Thiago Silva

Sementara itu, masa bulan madu Chelsea di bawah Thomas Tuchel berakhir di tangan West Bromwich Albion ketika The Blues dipecundangi oleh tim zona degradasi itu dengan skor 2-5 di Stamford Bridge, Sabtu malam tadi.

Hal itu menandai kekalahan pertama Chelsea pada era Tuchel dalam semua kompetisi setelah 14 pertandingan, sekaligus kali pertama gawang The Blues di Stamford Bridge dibobol oleh tim lawan.

Kekalahan Chelsea mampu dimanfaatkan oleh Liverpool yang memperkuat asa mereka merebut tiket Liga Champions dengan melumat Arsenal 3-0 dalam lawatan ke Emirates, London.

Dua gol Diogo Jota dan satu lainnya dari Mohamed Salah membuat Liverpool naik ke posisi kelima klasemen dengan koleksi 49 poin atau hanya tertinggal dua poin persis di bawah Chelsea.

Chelsea bahkan terancam terlempar dari empat besar seandainya West Ham United (49) atau Tottenham Hotspur (48) memenangi pertandingan masing-masing. West Ham akan melawat ke markas Wolverhampton pada Senin (5/4), sehari setelah Tottenham bertandang ke St. James' Park menghadapi Newcastle United.

Baca juga: Diogo Jota pimpin Liverpool babat Arsenal 3-0
Baca juga: Leeds atasi Sheffield United berkat gol bunuh diri


Dalam pertandingan lain Sabtu malam tadi, Leeds United menang 2-1 atas Sheffield United di Elland Road akibat gol bunuh diri Phil Jagielka.

Sementara Leeds menanjak ke peringkat ke-10 dengan 42 poin, Sheffield (14) semakin terbenam di dasar klasemen dan kian dekat dengan kepastian terdegradasi ke Liga Championship.

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-30 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (3/4) malam s.d. Minggu (4/4) dini hari
Chelsea 2 - West Bromwich Albion 5 (Christian Pulisic 27', Mason Mount 71'; Matheus Pereira 45+2', 45+4', Callum Robinson 63', 90+1', Mbaye Diagne 68') Baca juga: Chelsea dipermalukan West Brom
Leeds United 2 - Sheffield United 1 (Jack Harrison 12', Phil Jagielka bd-49'; Ben Osborn 45+2')
Leicester City 0 - Manchester City 2 (Benjamin Mendy 58', Gabriel Jesus 74')
Arsenal 0 - Liverpool 2 (Diogo Jota 64', 82', Mohamed Salah 68')

Minggu (4/4) malam s.d. Senin (5/4) dini hari
18.00 Southampton vs Burnley
20.05 Newcastle United vs Tottenham Hotspur
22.30 Aston Villa vs Fulham
01.30 Manchester United vs Brighton & Hove Albion

Selasa (6/4) dini hari
00.00 Everton vs Crystal Palace
02.15 Wolverhampton vs West Ham United

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021