Pariaman laksanakan tes usap PCR bagi petugas yang dekat dengan Wapres

id berita pariaman,berita sumbar,wapres

Pariaman laksanakan tes usap PCR bagi petugas yang dekat dengan Wapres

Petugas medis Kota Pariaman sedang mengambil sampel untuk tes PCR salah seorang di Rumah Tabuik Subarang, Pariaman, Senin (5/4/2021) ANTARA/Aadiaat M. S

Pariaman, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat melaksanakan tes usap PCR (polymerase chain reaction) bagi ratusan petugas dan pihak lainnya yang posisinya akan dekat dengan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi daerah itu pada Selasa (6/3).

"Hingga siang ini (pukul 11.30 WIB) jumlah orang yang sudah mengikuti tes swab (usap) mencapai 180 orang, dan masih ada yang mengantre," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah di Pariaman, Senin.

Baca juga: Wapres kunjungan kerja ke Kalteng untuk resmikan Bandara HM Sidik

Ia mengatakan hasil tes tersebut ditargetkan keluar malam nanti dan jika diantaranya ditemukan positif COVID-19 atau hasilnya belum keluar hingga waktu yang ditentukan maka pejabat dan petugas itu tidak diperbolehkan hadir pada Selasa besok.

Ia menyampaikan hal tersebut dilakukan karena Pemkot Pariaman dan pemangku kepentingan lainnya ingin memastikan orang-orang yang berada dekat dengan Wapres bebas dari COVID-19.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin terima kunjungan Jusuf Kalla

Lokasi pelaksanaan pengambilan sampel tes usap tersebut di Rumah Tabuk Subarang yang berada di samping Kantor Wali Kota Pariaman.

"Jadi siapa saja yang petugas yang ditugaskan di Ring 1 dipersilakan datang ke Rumah Tabuik Subarang," katanya.

Selain petugas, lanjutnya pihaknya juga melaksanakan tes usap untuk sekitar 15 pedagang di Pasar Rakyat Pariaman karena pada saat peresmian pasar besok Wapres dijadwalkan akan meninjau sejumlah kios.

Baca juga: Wapres terima kunjungan Menhan bahas program "food estate"

Ia menyampaikan kunjungan Wapres ke Pariaman menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan untuk mewujudkannya pihaknya juga membagikan masker untuk pengunjung dan pedagang Pasar Rakyat Pariaman.

Sebelumnya Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan akan mengikuti tiga kegiatan di Kota Pariaman  pada Selasa (6/4) mulai dari meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19, meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, dan penanaman pohon di pantai.

"Ada tiga lokasi yang akan dikunjungi dan mudah-mudahan ketiga kegiatan ini lancar," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai rapat persiapan kegiatan tersebut dengan pihak terkait.

Ia menyebutkan adapun lokasi tiga kegiatan tersebut yaitu pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan, lalu meresmikan Pasar Rakyat Pariaman di Kecamatan Pariaman Tengah sekaligus peninjauan ke kios pedagang.

Kegiatan selanjutnya yaitu penanaman ratusan jenis pohon diantaranya pinago dan ketapang laut di Pantai Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan guna mengurangi dampak abrasi pantai dan tsunami.

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar