minta doa restu untuk menyelenggarakan Munas Alim Ulama
Kediri (ANTARA) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar meminta restu pada pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama pada 8 April 2021 serta Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB.

Pengurus PP Lirboyo Kota Kediri Kiai Oing Abdul Muid mengemukakan rombongan Ketua Umum DPP PKB memang khusus silaturahmi ke Pesantren Lirboyo.

"Rombongan Ketum, silaturahmi ke para Pengasuh Lirboyo dalam rangka minta doa restu untuk menyelenggarakan Munas Alim Ulama," kata Gus Muid, sapaan akrab Kiai Oing Abdul Muid ​​​​​di Kediri, Senin (5/4).

Ia mengatakan, rombongan yang datang ke Pesantren Lirboyo Kota Kediri itu terdiri dari Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (AMI) atau yang akrab disapa Cak Imin didampingi oleh Sekretaris Jendral (Sekjend) PKB Hasanuddin Wahid dan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurrijal.

Rombongan juga disambut sejumlah pengasuh yakni KH Anwar Manshur, KH Abdullah Kafabihi Mahrus dari PP Lirboyo Kota Kediri dan KH Anwar Iskandar yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri .

Dalam pertemuan itu, selain memohon doa restu kepada para pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri juga membahas terkait agenda Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB. Ketua Umum DPP PKB di kegiatan sekaligus mengundang kehadiran masyayikh Lirboyo Kediri dalam acara yang digelar secara daring tersebut.

Baca juga: Cak Imin minta Garda Bangsa rangkul milenial

Sementara itu, KH Kafabihi yang mewakili pengasuh PP Lirboyo Kota Kediri juga mengatakan akan berencana ikut serta menghadiri acara yang digelar secara daring tersebut.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Pengasuh PP Lirboyo Kota Kediri juga meminta PKB untuk memperjuangkan pesantren termasuk mendorong Presiden segera menerbitkan Perpres turunan dari UU Pesantren.

"Tadi Ketua Umum PKB menyatakan kesiapannya. Bahkan, Gus AMI juga memuji pesantren karena tetap bisa maksimal dalam menyelenggarakan pendidikan di masa pandemi," kata Gus Muid.

Gus Muid juga menambahkan dalam kesempatan itu pengasuh PP Lirboyo juga sempat mengungkapkan terkait dengan dorongan dari sejumlah pihak agar Gus AMI maju di Pemilu Presiden 2021. Pengasuh juga mengungkapkan bahwa Gus AMI sudah pantas (maju di Pemilu Presiden).

Acara tersebut digelar secara tertutup dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hanya tamu undangan saja yang diizinkan masuk ke lokasi pertemuan.

Sebelumnya, sejumlah pengurus DPP PKB juga berkunjung ke sejumlah kiai lainnya termasuk ke Kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur di Kota Surabaya. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan sinergitas antara NU dan PKB sebagai partai politik (parpol) yang dilahirkan dari rahim NU. 

Baca juga: Gus AMI ajak TA Fraksi PKB perluas wawasan kebangsaan
Baca juga: Gus AMI yakin PKB tembus tiga besar Pemilu 2024

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021