Kita ingin meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menjaga pertahanan udara dan keutuhan NKRI
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang B menuturkan, peringatan HUT ke-75 merupakan momentum TNI AU untuk berkontribusi dalam membantu penanggulangan COVID-19.
 
"Dalam peringatan HUT ke-75 TNI AU, kita juga ingin berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional," kata Kadispenau ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis.
 
Hal itu sesuai dengan tema HUT ke-75 TNI AU, yakni "Dilandasi Jiwa Ksatria, Loyal, Militan dan Profesional, TNI AU Siap Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional".
 
Tak hanya itu, lanjut dia, di usianya yang ke-75 TNI AU ingin menjadi institusi yang profesional.
 
"Kita ingin meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menjaga pertahanan udara dan keutuhan NKRI," kata Indan.
 
Mengenai peringatan HUT TNI AU yang akan digelar pada Jumat (9/4), kata Indan, dilaksanakan dengan cara sederhana di tengah pandemi COVID-19.
 
Menurut dia, acara peringatan HUT TNI AU ini hanya menggelar upacara kecil yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur yang juga dihadiri oleh para Pati TNI AU dan beberapa personil TNI AU.
 
Selain menggelar upacara, kata dia, sejak satu bulan sebelumnya TNI AU sudah melakukan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari ulang tahunnya, seperti donor darah, bakti sosial dan perlombaan bagi prajurit TNI AU.
 
"Terakhir, pada hari ini kita melakukan ziarah ke TMP Kalibata," kata Indan.
 
TNI AU, tambah dia, juga akan memberikan penghargaan Kasau Award kepada teman-teman jurnalis yang mengikuti perlombaan, baik menulis maupun penayangan di media televisi.
 
"Kasau juga akan meluncurkan Buku Indonesia Air Force in Picture. Buku ini berisi foto-foto dengan landscape keindahan Indonesia, seperti foto F-16 dengan background Gunung Merapi," tutur Indan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021