SK Innovation bangun pabrik separator baterai EV di Polandia

id baterai ev,kendaraan listrik,sk innovation

SK Innovation bangun pabrik separator baterai EV di Polandia

Gambar pabrik separator baterai kendaraan listrik SK Innovation di Polandia. ANTARA/SK Innovation.

Jakarta (ANTARA) - Dalam upaya merebut pasar baterai kendaraan listrik (EV) dunia mendatang, perusahaan Korea SK Innovation melalui anak perusahaan SK IE Technology membangun pabrik separator baterai di Polandia.

Untuk membangun pabrik baru itu, SK IE Technology memutuskan untuk menginvestasikan sekira 1,13 triliun won. Dan, ini merupakan pabrik separator baterai ketiga dan keempat Eropa yang berlokasi di Silesia, Polandia.

Ini adalah yang terbesar di antara investasi tunggal yang dilakukan oleh SK IE Technology sejauh ini.

Kapasitas produksi tahunan Pabrik 3 dan 4 SK IE Technology di Polandia adalah masing-masing 430 juta m2, kata SK Innovation dalam pernyataan resminya, dikutip Senin.

Oleh karena itu, SK IE Technology akan mampu memproduksi total separator 1,54 miliar m2 per tahun hanya di Polandia dengan menggabungkan kapasitas produksi 680 juta m2 dari Pabrik 1 dan 2 yang ada.

Separator merupakan bahan penting yang secara langsung memengaruhi keselamatan dan kinerja baterai lithium-ion di EV. Dibutuhkan kira-kira 15-20 persen dari biaya produksi baterai dan merupakan bagian penting dari EV dan pertumbuhan industri baterai.

Alasan mengapa Teknologi SK IE melakukan investasi skala besar adalah untuk mengantisipasi atas permintaan pembelian yang sangat meningkat dari industri terkait di pasar baterai EV yang berkembang pesat.

Seperti diketahui, kecelakaan kebakaran terus terjadi pada baterai EV baru-baru ini, dan kerusakan separator dikatakan sebagai salah satu penyebab kebakaran. Fakta bahwa baterai yang menggunakan separator SK tidak pernah terbakar telah diketahui di industri, dan permintaan untuk mengamankan seperator bersertifikasi keselamatan telah meningkat pesat.

Faktanya, pasokan separator yang dijadwalkan akan diproduksi tahun ini di Pabrik 1 di Polandia, yang akan mulai berproduksi pada kuartal keempat, dan Pabrik 2 di Changzhou, China, yang akan mulai berjalan pada kuartal pertama, telah mendapatkan sumber permintaan yang cukup dan sekarang dalam diskusi, bahkan sebelum pengoperasian pembangkit listrik ini.

Keamanan tak tertandingi berdasarkan teknologi terdepan di dunia, klaim SK, adalah alasan di balik perhatian industri terhadap Teknologi SK IE. Hingga saat ini, baterai yang mengimplementasikan separator yang diproduksi oleh SK IE Technology tidak pernah mengalami kebakaran.

"Itu karena kami telah membedakan teknologi eksklusif seperti teknologi sequential stretching yang mewujudkan kualitas yang merata sambil mengontrol ketebalan separator tanpa batasan, teknologi lapisan separator yang meminimalkan deformasi bahkan dari panas dan guncangan, dll," SK Innovation menjelaskan.

Selain isu kebakaran, pesatnya pertumbuhan pasar separator juga menjadi penyebab agresifnya investasi. Industri memprediksikan peningkatan tajam dari pasar separator global, yang kira-kira 4 miliar m2 tahun lalu, hingga sekitar 16 miliar m2 pada tahun 2025.

Khususnya, mulai tahun 2023 diperkirakan akan terjadi kekurangan pasokan. Dengan memperluas pangsa pasar melalui investasi awal dan meningkatkan posisinya sebagai produsen separator premium, SK IE Technology berencana untuk memperkuat peringkat No.1 saat ini di pasar separator proses basah dunia.

Pewarta : Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar