Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara menggelar Operasi Keselamatan Toba 2021 guna meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.
 
"Operasi Keselamatan Toba 2021 ini berlangsung selama 14 hari ke depan terhitung mulai Senin (12/4) sampai dengan hari Minggu (25/4)," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra saat apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba di Mapolda Sumut, Senin.

Baca juga: Polda Sumut periksa 16 saksi kasus penembakan yang tewaskan satu warga

Baca juga: Polda Sumut kerahkan 14 ribu personel pengamanan Paskah
 
Ia menyebut fokus operasi tersebut adalah pengguna jalan, kendaraan angkutan umum atau pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.
 
"Operasi ini melibatkan 2.299 personel yang terdiri dari satuan tugas Polda 150 personel serta 2.149 personel dari satuan tugas kewilayahan beserta personel TNI dan instansi pemerintahan terkait," katanya.
 
Ia mengatakan dalam operasi tersebut, para personel juga akan memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat akan bahaya penyebaran COVID-19 dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan.
 
"Ini upaya dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19. Deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran COVID-19 khususnya menjelang bulan suci Ramadhan," katanya.
 
Ia berharap seluruh personel yang terlibat dalam operasi tersebut dapat bersinergi, menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan serta melaksanakan tugas secara profesional dan humanis dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021