Jakarta (ANTARA) - Penyanyi muda asal Indonesia yang kini berbasis di Australia, Rama Davis, akhirnya merilis debut EP yang berjudul “Here It Goes…”, yang telah rilis pada tanggal awal April 2021. Melalui EP ini, Rama bercerita mengenai kehidupannya sendiri, dan membuat debut EP ini menjadi begitu personal baginya.

"Debut EP ini sebagai hadiah untuk Rama sendiri sekaligus merupakan sebuah pengingat tentang apa saja yang telah terjadi dalam kehidupan Rama sejauh ini," kata Rama melalui keterangannya, Rabu.

EP berisi 5 buah track yang keseluruhannya ditulis oleh Rama ini juga memiliki kesinambungan satu dan yang lainnya. Dimulai dari track pertama berjudul "Better On You" yang sebelumnya telah dirilis di bulan Oktober silam sebagai single. Track ini menceritakan tentang pengalaman Rama yang telah jatuh cinta di waktu dan pada sosok yang salah.

Lagu kedua berjudul "I’m Okay" yang juga sudah dirilis oleh Rama sebagai single di bulan Februari lalu. Lagu ini menceritakan tentang proses menyadari bahwa untuk mencintai orang lain, terlebih dahulu kita harus mencintai diri kita sendiri.

Setelah berhasil mencintai diri sendiri dan benar-benar merasa nyaman dengan diri kita sendiri, Rama mengajak pendengar untuk belajar tentang melepaskan dalam lagu "How Are You, Home?" yang merupakan track ketiga dari debut EP-nya. Lagu ini juga dirilis sebagai single utama di EP “Here It Goes…”.

Tiga lagu pertama di EP ini memang menceritakan tentang bagaimana mengenal diri sendiri dan memperlengkapi diri supaya bisa lebih kuat menghadapi dunia. Itulah kenapa di lagu keempat dan lima, Rama mengajak pendengar untuk melangkah lebih jauh dalam "Here It Goes…" dan "Let’s Go Far".

Dengan genre Indie-Pop, Rama menulis debut EP-nya sendiri serta dibantu oleh beberapa pihak seperti Yowha (Johannes Harijanto) dan Kevin Ruenda yang ikut menulis lagu-lagu dalam EP.

Mixing dibantu oleh Ivan Gojaya, dan mastering oleh Leon Zervos, seorang Mastering Engineer pemenang Grammy Awards yang sempat juga berkolaborasi bersama Rihanna, Maroon 5, Troye Sivan, dan lain-lain.

Proses pembuatan EP ini dilakukan sepenuhnya melalui Zoom Call jarak jauh dari Jakarta dan Perth sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Lepas merilis EP ini, Rama masih tetap akan merilis karya-karya terbarunya dalam waktu dekat.


Baca juga: Rama Davis rilis lagu berbahasa Inggris "Fly The Airplane"

Baca juga: Rama Davis suguhkan nuansa pop-modern di lagu "Better on You"

Baca juga: Pesan Rama Davis untuk diri sendiri di lagu "I'm Okay"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021