Sedekah di bulan Ramadhan pahala dan manfaatnya berlipat ganda, apalagi pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, terutama sektor perekonomian, jadi mari kita saling berbagi
Putussibau, Kalbar (ANTARA) -
Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat Wahyudi Hidayat mengajak seluruh umat Muslim daerah itu agar dapat bersedekah dan saling berbagi di bulan suci Ramadhan 1422 Hijriah di tengah pandemi COVID-19.
 
"Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan pahala dan manfaatnya berlipat ganda, apalagi pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, terutama sektor perekonomian, jadi mari kita saling berbagi," katanya saat Safari Ramadhan 1422 Hijriah di Masjid Al-Mustawa Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu malam.
 
Ia menyatakan dalam melaksanakan ibadah puasa, tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar, namun dapat merasakan keadaan saudara-saudara lainnya yang tidak mampu, yang selama ini merasakan lapar.
 
Menurut dia dengan berpuasa diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama, saling berbagi dan memperbanyak bersedekah.
 
" Tingkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang sangat kita rasakan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya.
 
Ia juga mengingatkan kepada seluruh umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 guna mencegah dan memutuskan rantai penyeebaran COVID-19.
 
Dalam pelaksanaan shalat tarawih, kata dia, juga perlu diperhatikan oleh jamaah yaitu menjaga jarak, kemudian memakai masker dan jumlah jamaah 50 persen dari kapasitas masjid atau surau.
 
" Ibadah puasa wajib kita laksanakan, namun kita juga patut mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan dan keselamatan bersama agar kita terhindar dari penularan COVID-19," kata Wahyudi.
 
Ia juga meminta umat Muslim berdoa agar pandemi COVID-19, sehingga tatanan kehidupan di tengah masyarakat kembali normal.
 
"Mari kita sama-sama berdoa agar pandemi segera berlalu dan semoga Allah mengampuni segala dosa dan keselahan kita," demikian Wahyudi Hidayat.

Baca juga: Dampak corona, di akhir jabatan Bupati Kapuas Hulu tak Safari Ramadhan

Baca juga: Safari Ramadhan di perbatasan Indonesia - Malaysia

Baca juga: Wakil Gubernur Kalimantan Barat safari Ramadhan di Kapuas Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021