Jakarta (ANTARA) - Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 menyiapkan 10 ribu paket makanan untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan.

"Untuk target pembagian paket makanan buka puasa tahun ini sebanyak 10 ribu kotak dengan rincian pembagian sebanyak 350 sampai 500 kotak per harinya," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro, Dave Laksono, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dave mengatakan program itu bukan kali pertama dilakukan, tapi sudah berjalan tahun ketiga. Setiap tahun terjadi peningkatan baik dari jumlah hari maupun jumlah paket makanan berbuka puasa yang dibagikan.

Ia menyatakan di tahun pertama program itu dilaksanakan selama 10 hari, dilanjutkan tahun kedua dengan 20 hari serta tahun ketiga saat ini untuk 25 hari di bulan Ramadhan.

"Alhamdulillah, ini hari kedua kita bagikan, ada 400 kotak makanan yang akan kita didistribusikan di wilayah Jakarta Selatan," ujarnya

Politisi partai Golkar itu mengatakan pembagian paket menu buka puasa di bulan suci Ramadhan sebagai bentuk kepedulian Kosgoro kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa yang terdampak COVID-19.

Putra dari Agung Laksono ini mengungkapkan Kosgoro juga melibatkan pedagang UMKM untuk meringankan kehidupan mereka.

Baca juga: Pemerintah Aceh melarang ASN buka puasa bersama

Baca juga: Polisi bagikan takjil gratis kepada pengendara di depan gedung Samsat


"Kita juga dengan membeli dari mereka semua bahan-bahan makanan dari pedagang UMKM," ujar anggota Komisi I DPR RI tersebut.

Ia menegaskan saling membantu antarsesama ini adalah wujud dari sikap solidaritas dan gotong-royong yang menjadi semangat dari Kosgoro 1957. Intinya adalah, aksi ini adalah wujud konsistensi Golkar dan Kosgoro untuk terus hadir di masyarakat.

Dave Laksono hadir bersama Ketua MPO Kosgoro HR Agung Laksono memantau proses pendistribusian paket makanan buka puasa tersebut. Dave menegaskan semangat berbagi dan membantu sesama, nyata-nya sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia karena sejalan dengan nilai-nilai budaya yang ada di Tanah Air.

"Kegiatan ini terselenggara dengan bantuan teman-teman yang patungan dan saling membantu, tidak menggunakan anggaran dari manapun. Jadi yang belanja, yang masak, 'packing' dan membagikan semuanya adalah kader-kader Kosgoro," ucap Dave.

Penanggung jawab kegiatan dapur umum pembagian makanan buka puasa Kosgoro tahun 2021, Tengku M Nurhafidz mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kosgoro 1957 di bulan suci Ramadhan. Semua personel yang terlibat dalam acara ini, kata Nurhafidz, merupakan kader-kader Kosgoro 1957.

"Dapur umum untuk memasak dikelola ibu-ibu pengurus GP2K 57, dan untuk pendistribusian-nya dibantu PDK Kosgoro 1957 DKI Jakarta," ujarnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021