Kontingen PON XX Papua akan dibentuk Juli

id PON Papua,PON XX Papua,kontingen PON Papua

Kontingen PON XX Papua akan dibentuk Juli

PON XX Papua yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021. ANTARA News Papua/PB-PON Papua.

Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Kenius Kogoya mengungkapkan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan dibentuk paling lambat Juli 2021 mendatang.

"Kontingen PON Papua pada Juli terbentuk, maka semua tugas KONI dan Puslatprov akan diserahkan kepada ketua kontingen," ungkap Kenius dikutip melalui laman PB PON Papua, Rabu. 

Menurut dia, jika kontingen telah terbentuk, maka semua atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan di pulau Jawa akan ditarik kembali ke Jayapura.

Baca juga: Penyelenggaraan PON peluang tingkatkan kesejahteraan masyarakat Papua 

Selanjutnya sesuai dengan program, atlet-atlet akan dikirim langsung ke klaster penyelenggaran PON XX berdasarkan nomor pertandingan cabang olahraga.

"Waktu pelaksanaan PON semakin dekat, sehingga di bulan Juli itu semua atlet sudah berlatih di masing-masing venue, serta menyesuaikan diri dengan tempat perlombaan di klaster penyelenggara pertandingan,” tutur Kenius. 

Dengan terbentuknya kontingen PON Papua, sambung dia, maka tidak ada lagi atlet cadangan dan lainnya. Semua adalah atlet inti yang akan memperkuat Provinsi Papua pada ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut. 

Baca juga: Polri pastikan keamanan PON Papua dapat dikendalikan 

Ia pun berharap agar pemerintah Provinsi Papua, melalui Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) serta Panitia Besar (PB) PON, bisa mempermudah atlet tuan rumah untuk segera berlatih di tiap-tiap venue yang pembangunannya telah rampung 100 persen. 

"Kita semua bekerja untuk kemenangan Papua pada PON nanti, saya minta dukungan PB PON dan Disorda untuk sama-sama mendukung atlet Papua berlatih di venue, jangan samakan atlet kita dengan kontingen lain," tegas Kenius. 

PON XX Papua akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 di empat klaster penyelenggara, diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke, dengan melombakan 37 cabang olahraga, 679 pertandingan, 56 disiplin dan 6.442 atlet dari 34 Provinsi se-Indonesia. 

Baca juga: Atlet dan pelatih Kaltim jalani vaksinasi tahap pertama 
Baca juga: Kementerian PUPR ungkap progres pembangunan infrastruktur PON Papua 
Baca juga: Kemenpora targetkan vaksinasi atlet PON Papua selesai Juli 

 

Pewarta : Muhsidin
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar