Jakarta (ANTARA) - Saat puasa di bulan Ramadhan bukan berarti harus bermalas-malasan karena tidak makan dan minum selama 12 hingga 13 jam.

Olahraga selama puasa tetap dianjurkan agar tubuh tetap bugar apalagi di musim pandemi seperti saat ini. Olahraga memiliki efek positif untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan tidak lemas saat berpuasa.

Meski demikian tidak disarankan melakukan olahraga berintensitas berat. Lalu bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadhan? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

Certified Fitness Coach Adianti Reksoprodjo dalam bincang-bincang Instagram Live @hometowndairy.id bertema "Puasa Anti Lemas : Workout saat Puasa" beberapa waktu lalu membagikan sejumlah tips olahraga saat puasa.

Baca juga: Cara mengenalkan puasa kepada anak dengan autisme

1. Tetap olahraga meski puasa
Jika Anda memang rutin berolahraga, jangan berhenti berolahraga saat berpuasa. Pasalnya, jika sebulan jeda olahraga maka Anda akan kehilangan progress latihan yang sudah di lakukan selama 3 bulan berturut-turut.

2. Perhatikan waktu olahraga
Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adalah pada saat menjelang buka puasa, usai shalat tarawih dan menjelang sahur.

"Durasi waktunya apabila menjelang buka puasa sekitar 30-60 menit karena mendekati waktu makan, sehingga tubuh segera mendapat asupan energi kembali. Namun kembali ke individu masing-masing ada yang berolahraga menjelang puasa atau bahkan menjelang sahur. Kamu yang lebih kenal dengan tubuhmu sendiri," kata Adianti.

3. Jenis olahraga
Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sekitar 40-50 persen dari biasanya.

4. Cukup tidur
Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Apabila waktu tidur tidak tepat maka akan mempengaruhi kinerja tubuh.

5. Perhatikan asupan nutrisi
Berolahraga saat berpuasa, tubuh sangat memerlukan cairan tercukupi dan nutrisi yg seimbang. Susu bisa menjadi pilihan untuk sumber cairan dan protein yg sangat dibutuhkan saat berolahraga. "Hometown Dairy bisa menjadi salah satu pilihan asupan agar tubuh tidak terasa lemas dan tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan," kata Adianti.

Baca juga: Tips menjaga kulit tetap sehat selama puasa

Baca juga: Cara tingkatkan sistem imun saat puasa Ramadan

Baca juga: Pakai masker selama puasa bikin mulut lebih bau?

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021