UTD PMI Lampung buka donasi paket sembako bagi pendonor darah

id PMI,Donor Darah,UTD PMI,Bandarlampung,Puasa

UTD PMI Lampung buka donasi paket sembako bagi pendonor darah

Salah seorang warga saat melakukan donor plasma konvalensen di UTD PMI Lampung, Rabu (21/4/2021). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Bandarlampung (ANTARA) - Unit Transfusi Darah (UTD) Provinsi Lampung membuka donasi paket sembako yang diperuntukkan bagi pendonor darah guna menarik mereka menyumbangkan darahnya pada bulan Suci Ramadhan.

"Donasi sembako yang terkumpul dari masyarakat ini nanti kita berikan untuk pendonor darah, sehingga mereka antusias mendonorkan darahnya," kata Kepala UTD PMI Lampung dr Aditya, M Biomed, di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan apabila ada yang ingin mendonasikan paket sembako untuk pendonor darah, bisa menghubungi Sri Berdikarina melalui nomor ponsel 081212952853 atau mentransfer uang ke nomor rekening 114-0012-494-251 atas nama Sri Berdikarina.

"Mudah-mudahan paket sembako ini bisa menambah jumlah pendonor darah sehingga dapat mencukupi kebutuhan setiap harinya," kata dia.

Baca juga: PMI Jember ajak warga sedekah darah selama Ramadhan
Baca juga: PMI Jember keliling masjid jemput pendonor selama Ramadhan


Menurut dia, berdasarkan pengalamannya di bulan puasa stok kantong darah di UTD PMI sudah pasti menurun drastis, apalagi dalam masa pandemi COVID-19. Setiap harinya UTD PMI Lampung membutuhkan 100 kantong darah, namun namun saat ini hanya tersedia 20 sampai 30 kantong darah.

"Jadi ini seperti stimulus untuk pendonor dan juga upaya menarik masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Paket sembako yang disediakan oleh kami bagi pendonor darah berupa," kata dia.

Selain memenuhi ketersediaan kantong darah di bulan Ramadhan, pihaknya pun mencoba mendatangi masjid-masjid dengan harapan ada jamaah yang ingin mendonorkan darahnya.

Ketua IDI Cabang Bandarlampung itu pun menyarankan kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya di bulan Ramadhan sebaiknya dilakukan pada malam hari sehabis berbuka puasa.

"Jangan pula masyarakat datang siang-siang untuk donor darah karena itu bisa mengganggu kesehatan mereka apalagi yang sedang menjalani ibadah puasa," kata dia.

Baca juga: Wawali Surabaya ajak warga donorkan plasma konvalesen di PMI
Baca juga: Pemkot Pontianak canangkan kampung donor darah

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar