diharapkan dapat mencegah adanya sepeda motor yang masuk ke jalur sepeda
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan fasilitas jalur sepeda Sudirman-Thamrin akan ditambah, termasuk rambu-rambu dan marka jalan.

Syafrin di Jakarta, Jumat, mengatakan penambahan fasilitas tersebut diharapkan dapat mencegah adanya sepeda motor yang masuk ke jalur sepeda, sebab sudah ada rambu larangan.

Baca juga: Sayembara jalur sepeda DKI bergulir dengan hadiah Rp52 juta

"Ya rambu-rambu. Setelah itu terpasang keseluruhannya, otomatis berlaku ketentuan terhadap pelanggaran rambu dan atau marka yang ada," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, saat ini jalur sepeda juga telah dilengkapi dengan planter box (kotak tanaman) yang dirancang seperti rantai yang melambangkan kebersamaan dengan di atasnya akan terdapat tanaman.

Baca juga: Dishub DKI raih penghargaan "Jalan Hijau Achievement Award 2021"

Hal ini mengantisipasi adanya orang yang memanfaatkan ruang rongga planter box untuk istirahat, seperti beberapa kejadian beberapa waktu lalu.

"Tapi, saat ini karena masih dalam tahap konstruksi tentu itu akan dilakukan penjagaan," katanya.

Baca juga: Flyover Cakung dilengkapi dengan jalur sepeda

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi rambu dan marka. Hal ini agar dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna sepeda.

"Ke depan kami mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin dalam berlalu lintas dengan menaati rambu-rambu, marka, dan juga lampu lalu lintas yang ada," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021