Gubernur Riau evakuasi warga dan kucing di daerah banjir Pekanbaru

id banjir pekanbaru,evakuasi korban banjir,dampak banjir

Gubernur Riau evakuasi warga dan kucing di daerah banjir Pekanbaru

Gubernur Riau Syamsuar (kiri) dan Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed (tengah) meninjau daerah banjir di Kota Pekanbaru, Jumat (23/4/2021). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar dan Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed pada Jumat membantu mengevakuasi warga dan kucing yang terdampak banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

Saat meninjau daerah banjir, Gubernur Riau menghampiri rumah warga dan membantu mereka mengungsi. Perahu karet Gubernur Riau juga mengangkut kucing yang tertinggal di rumah saat penghuninya mengungsi.

"Tadi juga saya dan Pak Danrem menyelamatkan seekor kucing yang sering kali terabaikan ketika terjadi bencana. Mohon petugas dapat memperhatikan makhluk lain yang mungkin saja masih terjebak di rumah-rumah," kata Syamsuar.

Ia mengatakan, Kelurahan Tangkerang Utara di Bukit Raya merupakan salah satu wilayah di Kota Pekanbaru yang kebanjiran akibat peningkatan intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir.

Warga kelurahan itu sejak Kamis (22/4) mulai mengungsi ke daerah yang aman karena air yang menggenangi permukiman tingginya sampai sekitar satu meter.

"Kami sudah menugaskan dinas terkait seperti BPBD dan Dinsos Riau agar selalu berada dan siaga untuk membantu masyarakat yang sementara ini diungsikan di tenda darurat," kata Syamsuar.

Dia juga mengatakan bahwa masih ada warga yang enggan mengungsi dan memilih bertahan di lantai dua rumahnya karena rumah takut rumahnya disatroni maling kalau ditinggal mengungsi.

"Ada juga warga tak mau, karena rumahnya bertingkat. Jadi saya ingatkan kepada petugas supaya makanan diantar ke rumahnya, karena mereka juga butuh untuk berbuka dan sahur," ujarnya.

Dinas Sosial Riau sudah mulai mendirikan tenda darurat di daerah banjir Pekanbaru.

"Baru kota Pekanbaru yang meminta bantuan untuk pendirian dapur umum, daerah lainnya tidak ada. Mungkin karena mereka punya fasilitas dapur umum juga," kata Kepala Dinas Sosial Riau Tengku Zul Efendi.

Ia mengatakan, Dinas Sosial juga menyiagakan personel untuk membantu warga yang terdampak banjir.

"Jika ada daerah yang memerlukan kami siap kirim, termasuk posko untuk dapur umum tadi," katanya.

Baca juga:
Personel Brimob bantu evakuasi korban banjir Pekanbaru
Basarnas Pekanbaru evakuasi 450 santri korban banjir

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar