USU masuk dalam peringkat ke-15 THE Impact Rankings

id USU pemeringkatan ke-15 the impact rankings,USU

USU masuk dalam peringkat ke-15 THE Impact Rankings

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin,SSos,MSi. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) untuk pertama kalinya pada tahun 2021 ini berhasil masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings dengan menduduki peringkat ke-15 perguruan tinggi di Indonesia.

"Selain itu USU juga masuk ke dalam peringkat 801-1.000 dan 1.115 perguruan tinggi di dunia," kata Rektor USU Dr Muryanto Amin,SSos,MSi, dalam pers rilis yang diterima di Medan, Jumat.

Ia mengatakan perolehan ini merupakan titik awal dan pintu masuk bagi USU dalam menjelajah pengakuan standarisasi internasional.

"Alhamdulillah, perolehan 801-1.000 yang diraih USU dalam pemeringkatan THE merupakan titik awal dan sebagai pintu masuk USU meraih pengakuan standarisasi internasional," ujarnya.

Baca juga: Peringkat dunia sejumlah perguruan tinggi Indonesia meningkat

Baca juga: Tiga kampus Indonesia raih peringkat 100 besar dunia versi THE


Muryanto mengatakan, THE Impact Rankings adalah pemeringkatan tingkat dunia yang mengukur berapa besar dampak (impact) sebuah perguruan tinggi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs).

Keikutsertaan USU untuk pertama kalinya dalam pemeringkatan THE Impact 2021 ini diharapkan dapat membuat seluruh civitas akademika bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan peringkatnya di penilaian berikutnya.

"Untuk pertama kalinya USU telah dilirik oleh THE dan ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus bekerja keras," katanya.

Ia menjelaskan perlu upaya yang kuat bagi USU dalam memberikan layanan terbaiknya untuk memberikan solusi bagi masalah pembangunan agar berkelanjutan. "Kita akan persiapkan program internasional agar kontribusi USU dinilai lebih baik dalam tahun berikutnya," demikian Muryanto Amin.

Sementara itu, Ketua Tim WCU USU Prof Dr Eng Himsar Ambarita,ST,MT mengatakan pencapaian ini merupakan langkah awal yang sangat baik dimana USU telah menunjukkan kontribusi yang baik pada SDGs.

Dikatakannya pada Renstra 2020-2024, USU memiliki desain ideal yang ingin dicapai yakni USU menjadi universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal.

Baca juga: UGM: Rektor asing tak jamin PTN langsung peringkat dunia

Baca juga: UI masuk 300 besar perguruan tinggi dunia

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar