Pertamina pantau stok BBM di Jateng dan Yogyakarta secara digital

id Pertamina,Mudik 2021,Lebaran 2021,SPBU Pertamina,program digitalisasi SPBU,bahan bakar minyak,harga BBM,harga LPG

Pertamina pantau stok BBM di Jateng dan Yogyakarta secara digital

Ilustrasi - SPBU Pertamina di Jalan Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, tampak ramai pembeli. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak dan elpiji di Jawa Tengah dan Yogyakarta aman menjelang Lebaran 2021 melalui program pemantauan digital secara berkala.

Unit Manajer Relasi dan CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan digitalisasi SPBU untuk menjaga keandalan pasokan bahan bakar mulai dari pemantauan stok yang tersedia di SPBU, pemantauan penerimaan BBM saat bongkar muat hingga penjadwalan otomatis dari pengiriman BBM ke SPBU.

“Khusus di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta ada sebanyak 821 SPBU sudah menerapkan program digitalisasi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan bahan bakar," kata Brasto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat memantau kondisi stok dan penjualan BBM, transaksi pembayaran di SPBU serta pengelolaan penyaluran BBM kepada konsumen.

Sebagai informasi, fitur digitalisasi SPBU meliputi program bayar dulu baru isi BBM atau pre purchase dan program tanpa uang fisik dengan menggunakan pembayaran digital.

Kemudian, pencatatan pelat kendaraan bermotor yang mengisi BBM serta membuat profil pelanggan berbasis program loyalti aplikasi MyPertamina, sehingga masyarakat lebih mudah melakukan transaksi dan mengetahui ketersediaan BBM yang dibutuhkan.

Adapun dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan bahan bakar menjelang Lebaran di Jawa Tengah dan Yogyakarta, lanjut Brasto, Pertamina telah memiliki sejumlah strategi dari mulai memastikan stok bahan bakar di terminal terintegrasi dalam kondisi aman hingga melakukan penambahan stok BBM dan elpiji.

"Antisipasi dilakukan dengan build up stock, penyediaan Pertamina Delivery Service, penyediaan SPBU kantong di lokasi-lokasi strategis, penyediaan mobil siaga, serta pengaktifan satgas BBM dan elpiji Ramadhan sampai Idul Fitri," kata Brasto.

Baca juga: Menteri ESDM: Terminal BBM Labuan Bajo tingkatkan ketahanan stok BBM
Baca juga: Dirut Pertamina pantau pasokan BBM pascakebakaran Balongan
Baca juga: BPH Migas minta tersedia genset untuk SPBU modular

Pewarta : Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar